Dark/Light Mode

Dapil Jatim IX

Kekuatan Petahana Masih Sulit Digoyang

Rabu, 13 Desember 2023 07:55 WIB
Dapil Jatim IX Kekuatan Petahana Masih Sulit Digoyang

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertarungan di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur (Jatim) IX diperkirakan akan tetap didominasi oleh muka lama alias petahana. Minimnya nama-nama tenar, membuat kekuatan petahana sulit digoyang di dapil yang meliputi Bojonegoro dan Tuban itu.

Pada Pileg 2019 lalu, terdapat enam kader partai politik yang sukses melenggang ke Senayan. Yaitu Didik Mukrianto dari Demokrat, Abidin Fikri dari PDIP, Haeny Relawati dari Golkar, Wihadi Wiyanto dari Gerindra, dan dua kader PKB, Ratna Juwita dan Farida Hidayati.

Baca juga : Ganjar Pastikan Regulasi Kelautan Berpihak Pada Nelayan

Dari keenam nama tersebut, Didik Mukrianto memperoleh suara terbanyak dengan 114.532. Disusul Ratna Juwita dengan perolehan 106.083. Sementara di posisi ketiga dibuntuti oleh rekan separtai Ratna, Farida Hidayati dengan 87.931 suara.

Sedangkan untuk posisi terakhir yang berhasil menuju Senayan adalah Wihadi Wiyanto dengan 32.535 suara. Keseluruhan dari mereka dipastikan akan kembali maju lewat partai dan dapil yang sama.

Baca juga : Kursi Ibas Dan Johan Budi Diincar Eks Bupati

Meski keenamnya di atas angin berpeluang kembali menduduki kursi empuk Senayan, tapi bukan berarti mereka tanpa perlawanan. Setidaknya terdapat nama-nama baru yang memiliki basis dan jaringan mengakar di dapil yang meliputi Tuban dan Bojonegoro itu.

Perlawanan itu misalnya datang dari sejumlah mantan Kepala Daerah. Sebut saja mantan Wakil Bupati Blitar, Rahmat Santoso. Rahmat rela mundur dari jabatan Wakil Bupati Blitar karena ingin menjajal peluang menjadi legislator. Kini, Rahmat dicalonkan PAN dengan nomor urut enam.

Baca juga : Gibran Jadi Kekuatan, Praka Jawa Timur Dikukuhkan Di Pacitan

Selain Rahmat, juga terdapat mantan Bupati Bojonegoro, Suyoto. Pria yang akrab disapa Kang Yoto itu nyaleg dari Partai NasDem. Keikutsertaan Kang Yoto maju di Pileg 2024 bermodalkan elektabilitas di Bojonegoro, daerah yang dipimpinnya selama dua periode dari 2008-2018.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.