Dark/Light Mode

Kemenkominfo Geber Kementerian/Lembaga Gaungkan World Water Forum 2024

Kamis, 16 Mei 2024 22:37 WIB
Foto: Kemenkominfo.
Foto: Kemenkominfo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik menggelar Bimtek Kolaborasi Pengelola Media Sosial Pemerintah untuk menggaungkan 10th World Water Forum 2024 di Bali.

Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 peserta yang hadir secara daring dan 500 peserta luring.

Acara ini menghadirkan dua orang narasumber yakni, Staf Ahli Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Firdaus Ali dan praktisi media sosial Ramone Pulungan.

Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong berharap, acara ini mampu memberikan ilmu kepada peserta untuk menggaungkan pelaksanaan 10th World Water Forum 2024.

"Mudah-mudahan dengan dua materi ini, teman-teman humas dari kementerian/lembaga yang hadir ada 100 lebih kementerian/lembaga, dan Pemerintahan daerah (Pemda) di Bali saja. Belum termasuk yang online, bisa membuat konten dan mempromosikannya di media sosial atau pun di kanal-kanal yang mereka miliki," kata Usman dalam keterangannya, Kamis (16/5/2024).

Usman juga menyebutkan, Pemerintah di tingkat pusat dan daerah harus mampu mengambil bagian dalam menggaungkan informasi terkait event dunia ini.

Peran pengelola media sosial sangat penting, terutama dalam hal berkolaborasi menyampaikan materi dan konten yang harus diketahui oleh publik.

Baca juga : BNPT Gelar Operasi Intelijen Jelang World Water Forum Ke-10 Bali

Menurutnya, para peserta pun memiliki kesempatan untuk meningkatkan kompetensi membuat konten melalui berbagai kegiatan site visit di sejumlah titik wisata.

Juga, lokasi yang nantinya berkaitan dengan pelaksanaan World Water Forum 2024. Misalnya, Taman Hutan Rakyat Ngurah Rai, Desa Wisata Jatiluwih dan beberapa lokasi lainnya.

Konten yang telah dibuat dengan sekreatif mungkin oleh humas tersebut juga diperlombakan.

Setelah dua hari kegiatan pembekalan dan pembuatan konten, di akhir kegiatan ini ditetapkan pemenang Onsite.

Pemenang pertama, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung. Pemenang kedua, Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM).

Pemenang ketiga, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sedangkan pemenang online diraih Kementerian Sekretariat Negara.

Staf Ahli Kementerian PUPR Firdaus Ali berharap dengan adanya pembekalan dan site visit ini, humas Pemerintah Pusat dan daerah benar-benar dapat mensosialisasikan kepada publik pentingnya pelaksanaan World Water Forum ini.

Baca juga : Gelar Konser Musik, Kominfo Ajak Masyarakat Dukung Perhelatan World Water Forum ke-10

"Ekspektasi kita kepada teman-teman pengelola media sosial Pemerintah pusat dan daerah, yang bergerak di bidang pembuatan serta penyebaran konten sosial tadi, ini event yang tidak akan mungkin ada lagi sepanjang usia kita-kita ini jadi tuan rumah, dan kita menjadi negara ketiga yang jadi tuan rumah di Asia," ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga diumumkan para pemenang Anugerah Narasi Tunggal 2024 (ANT 2024) kategori Kontributor Media Sosial dan kategori Videotron.

A. Kategori Kontributor Media Sosial

1. Terbaik 1 Kontributor Media Sosial: Kementerian Sekretariat Negara

2. Terbaik 2 Kontributor Media Sosial : Badan Kepegawaian Negara

3. Terbaik 3 Kontributor Media Sosial: Pemerintah Kabupaten Tanggerang

B. Kategori Kontributor Videotron Tahun 2024

Baca juga : Kemendagri Komit Perkuat Keuangan & Pembangunan Ekonomi Daerah melalui BPD

1. Terbaik 1 Kontributor Videotron: Kementerian Perdagangan

2. Terbaik 2 Kontributor Videotron: Kementerian Pertahanan

3. Terbaik 3 Kontributor Videotron: Kementerian Pemuda dan Olahraga

ANT merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja institusi kementerian/lembaga, Pemda bidang komunikasi dan informasi publik yang berkontribusi menggaungkan narasi tunggal terkait program serta prioritas Pemerintah di tahun 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.