Dark/Light Mode

Menteri Teten Imbau Koperasi dan UKM Jadi Pilar Perekonomian Nasional

Senin, 11 November 2019 15:02 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Upacara Kementerian Koperasi dan UKM. Senin(11/11/). (Foto: Istimewa)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Upacara Kementerian Koperasi dan UKM. Senin(11/11/). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi menyatakan harapannya agar koperasi dan UKM untuk ikut mendorong perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.

"Kenapa Pak Presiden selalu menyampaikan itu? karena saat ini ekonomi kita tidak terlalu bagus sebagai akibat dari melemahnya perekonomian global. Tapi kita masih bersyukur pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di atas 5 persen, negara-negara lain bahkan ada yang minus, meskipun ada juga negara yang tumbuh lebih baik," kata Menkop dan UKM Teten Masduki, saat Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kemenkop dan UKM, Jakarta Senin (11/11)

Teten menegaskan dengan kontribusi UMKM terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) yang mencapai 60 persen dan penyerapan tenaga kerja 97 persen, maka keberadaan UMKM dan Koperasi sangat strategis.

Baca juga : Mantan Menag KH Masjkur Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

" Ketika ekonomi swasta atau saya sebut ekonomi formal melemah, maka harapannya ada di UMKM, karena terbukti fleksibel dan terbukti ketika krisis ekonomi 98, UMKM lah yang menjadi buffer," kata Menteri Teten.

Spirit yang Sama Karena itu lanjut Menkop dan UKM, ia mengajak segenap jajaraan Kemenkop dan UKM untuk memiliki spirit yang sama terhadap pengembangan koperasi dan UKM agar lebih memberikan kontribusi pada perekonomian nasional.

"Saya bersama para deputi tengah mendesain ulang kemana arah kebijakan pembangunan UMKM, karena ke depan Kementerian kita akan menjadi salah satu pilar pembangunan perekonomian nasional," kata Menteri Teten.

Baca juga : Gaya Milenialnya Ramai Dikomentari, Netizen Ramalkan Nadiem Jadi Icon Fashion

Redesain itu juga mencakup mau kemana arah pembangunan UMKM, mau berbasis apa, lalu tupoksinya seperti apa? semua lagi saya konsolidasikan supaya Kementerian kita menjadi kementerian yang kredibel dan bergengsi," katanya.

Mengenai Menkop dan UKM, Teten menegaskan agar ke depan berbagai masalah perijinan UMKM agar dipermudah, karena mereka pada dasarnya adalah rakyat kebanyakan. Kalau yang besar ya sudah bisa mengurus dirinya sendiri, asal jangan diganggu saja.

"Meski demikian, jika ada UMKM atau koperasi nakal, juga harus mendapat tindakan tegas," pungkas Teten. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.