Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Milenial Cari Kerja, Rencanamu Luncurkan Platform Persiapan Karier

Rabu, 6 November 2019 16:49 WIB
Rizky Muhammad (berkaus hitam). (Foto: Istimewa)
Rizky Muhammad (berkaus hitam). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejalan dengan program prioritas pemerintah menyiapkan sumber daya manusia berkualitas, Rencanamu (sebelumnya bernama Youthmanual) resmi meluncurkan platform persiapan karier, pengembangan talenta, dan rekrutmen yang dipersonalisasi berbasis data. Platform ini untuk membantu siswa meningkatkan kebekerjaan dan menghubungkan mereka dengan beragam peluang ekonomi seperti magang, pekerjaan, dan beasiswa.

Founder & CEO Rencanamu, Rizky Muhammad, mengungkapkan, berdasarkan riset yang dilakukan pihaknya selama tiga tahun terakhir, yang mendalami profil data lebih dari 1,6 juta siswa dan mahasiswa, ditemukan fakta-fakta mengenai kondisi talenta dan ketimpangan antara supply and demand. Fakta-fakta di antaranya, 92 persen siswa SMA/SMK sederajat bingung dan tidak tau akan menjadi apa ke depannya, 80 persen siswa SMK mengambil jurusan dan bidang yang tidak sesuai dengan keinginannya, 45 persen mahasiswa merasa salah mengambil jurusan, siswa kurang mendapat bimbingan secara menyeluruh terkait perencanaan kuliah dan karier, ketidaksesuaian antara supply and demand, lulusan baru dirasa tidak mempunyai skill dan kompetensi sesuai seperti yang dibutuhkan, krisis talenta dan skill gap menjadi masalah utama, dan meningkatnya pengangguran terselubung di kalangan anak muda.

“Melihat permasalahan tersebut, dibutuhkan program intervensi dini bagi siswa yang menyeluruh dan berkesinambungan. Di sinilah peran Rencanamu, yaitu memberikan program persiapan karier dan pengembangan talenta yang terstruktur, menyeluruh, terintegrasi, dan berkesinambungan. Platform Rencanamu dapat diakses secara digital oleh seluruh siswa dan mahasiswa, kapan pun dan di mana pun,” jelas Rizky, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (6/11).

Baca juga : Cagliari Vs Atalanta, Menjaga Tren Positif

Dengan Rencanamu, sambung dia, siswa dapat mengikuti rangkaian persiapan karier. Seperti self discovery, eksplorasi, perencanaan karier, dan siap kerja. Kerangka perencanaan karier dan pengembangan talenta Rencanamu dikembangkan berdasarkan riset yang telah dilakukan dalam 3 tahun terakhir. Kerangka ini telah divalidasi oleh industri sehingga terbukti meningkatkan kesiapan kerja siswa. 

Di sisi lainnya, terang Rizky, analytics Rencanamu memberikan gambaran secara real-time mengenai kondisi talenta dan permintaan industri yang berguna bagi pemerintah. Baik itu tingkat provinsi ataupun pusat dalam memahami lanskap ketenagakerjaan,” sambungnya.

“Kami bermimpi, nantinya siswa sudah tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari pekerjaan. Karena semua siswa sudah mengikuti proses pengembangan dan kesiapan kerja yang telah diarahkan oleh Rencanamu. Sehingga siswa dapat terhubung ke beragam kesempatan ekonomi seperti magang, pekerjaan, beasiswa, dan program kuliah,”tandas Rizky.  

Baca juga : Gandeng Kemenag, Baznas Luncurkan Kampung Zakat Ke-14

Kerja sama dengan Rajawali Foundation

Rencanamu saat ini tengah menjalin kerja sama dengan Rajawali Foundation dalam upaya menyukseskan Proyek Penguatan Koordinasi untuk Pembangunan Ketenagakerjaan Inklusif di Indonesia (SINERGI) fase 2 di Jawa Tengah dalam rentang Juli 2019-September 2020. Direktur Eksekutif Rajawali Foundation, Agung Binantoro, mengungkapkan, tujuan SINERGI adalah membantu pemuda kurang mampu dan rentan, termasuk perempuan dan pemuda penyandang disabilitas, agar siap memasuki dunia kerja dan memperoleh keterampilan yang mereka butuhkan untuk mendapatkan pekerjaan baru atau lebih baik.

Melalui platform Rencanamu, dapat dilaksanakan proses registrasi, serta asesmen perilaku dan kepribadian terkait pekerjaan tertentu dari 16.000 pemuda kurang mampu dan rentan yang menjadi target Proyek SINERGI. “Oleh karena itu, kami menggandeng Rencanamu ke dalam proyek SINERGI, khususnya dalam menyediakan platform daring,” ujar Agung. 
 
Selanjutnya, dari 4.000 pemuda kurang mampu dan rentan yang dinilai, akan diseleksi kembali. Yang lolos nantinya dapat mengikuti program kesiapan kerja, pelatihan, dan pemagangan dengan perusahaan yang sesuai dengan hasil penilaian. “Kami mengharapkan 2.000 pemuda akan lulus dari proyek ini dan memperoleh pekerjaan baru atau lebih baik,” imbuh Agung. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.