Dark/Light Mode

Pertemuan Tertutup Prabowo dengan Dubes AS dan Saudi

Selasa, 12 November 2019 21:36 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. (Foto Humas Kemhan)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. (Foto Humas Kemhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan, dan Dubes Arab Saudi Esam A Abid Althagafi di Gedung Jenderal Soedirman, Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Selasa (12/11).

Pertemuan digelar terpisah. Prabowo terlebih dahulu bertemu dengan Dubes AS. Selang beberapa menit, Prabowo menerima kunjungan kehormatan Dubes Saudi. Pertemuan tersebut juga berlangsung tertutup. Pertemuan tersebut membahas kerja sama di bidang pertahanan.

"Kunjungan ini menjadi kesempatan bagi kedua pihak untuk membicarakan upaya-upaya untuk terus mempererat kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua negara," ujar Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Publik Kemhan Brigjen Totok Sugiarto dalam keterangan persnya, Selasa (12/11).

Baca juga : Ujian Pertama Prabowo: Diplomasi Di AS

Totok menambahkan, pada pertemuan itu, Prabowo memaparkan sejumlah program pertahanan Indonesia kepada AS dan Saudi. Salah satunya program prioritas Kemhan.

Dalam pertemuan dengan Donovan, kata Totok, Indonesia dan AS ingin meningkatkan kerja sama dan persahabatan terutama dalam bidang pertahanan. "Kedua pihak ingin hubungan kerja sama dan persahabatan antara Indonesia dan AS khususnya di bidang pertahanan diharapkan terus terpelihara dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati," ucapnya.

Menhan Prabowo Subianto menerima Dubes AS untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr di, Jakarta. (Foto Humas Kemenhan)

Dalam kunjungannya, Donovan didampingi Wakil Dubes Heather C Variava, Atase Pertahanan Kolonel Mike Spake, dan diplomat bagian politik Steve Weston.

Baca juga : Prabowo Jadi Menhan, Amien Jadi Jinak

Setelah itu, Prabowo menerima kunjungan kehormatan Dubes Althagafi. Dalam kunjungan tersebut didampingi Wakil Dubes Arab Saudi Yahya Hassan Alqahtani.

Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik, Sosial-Ekonomi dan Hubungan antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, dalam pertemuan itu, Prabowo tidak membahas pencekalan Rizieq Shihab. "Ini kunjungan kehormatan, mereka menbahas isu pertahanan dan bicara hal-hal yang sifatnya global. Itu etikanya," kata Dahnil.

Saat menerima kunjungan kedua dubes, Prabowo didampingi Wakil Menhan, Wahyu Sakti Trenggono dan Sekjen Kemhan, Agus Setiadji [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.