Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkuat Kemitraan

TNI AL Sambangi Kapal Armada ke-7 AS di Jepang

Selasa, 15 Oktober 2019 19:30 WIB
Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf AL, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono berfoto bersama Komandan Armada ke-7 AS AL, Laksamana Madya Bill Merz, di atas kapal komando Armada ke-7 AS, USS Blue Ridge (LCC 19), pada 11 Oktober 2019, di Yokosuka Jepang.  (Foto Mass Communication Specialist 2nd Class Jimmy Ong)
Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf AL, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono berfoto bersama Komandan Armada ke-7 AS AL, Laksamana Madya Bill Merz, di atas kapal komando Armada ke-7 AS, USS Blue Ridge (LCC 19), pada 11 Oktober 2019, di Yokosuka Jepang. (Foto Mass Communication Specialist 2nd Class Jimmy Ong)

RM.id  Rakyat Merdeka - Staf Armada ke-7 Angkatan Laut Amerika Serikat mengadakan pertemuan dengan rekan-rekan sejawat mereka dari TNI AL, di atas kapal komando USS Blue Ridge (LCC 19), yang sedang berlabuh di Yokosuka Jepang, pada 11 Oktober 2019. Hubungan erat AL AS dengan TNI AL telah terjalin selama puluhan tahun dan pertemuan staf seperti ini menjaga kemitraan tersebut.

Amerika Serikat dan Indonesia tengah merayakan ulang tahun ke-70 hubungan diplomatik kedua negara, dan kemitraan ini acap kali mencakup bidang maritim. Dalam pertemuan dua hari tersebut, pakar dari kedua belah pihak mendiskusikan berbagai topik, mulai dari cara-cara menghadapi tantangan keamanan regional, operasi gabungan di laut, logistik, program medis, dan keikutsertaan dalam latihan-latihan di masa mendatang.

“Bekerja sama dengan TNI AL selalu menyenangkan, dan kali ini kami mendapat kehormatan untuk menjamu mereka di atas kapal komando kami,” ujar Komandan Armada ke-7 AS, Laksamana Madya Bill Merz.

Baca juga : Dimbangi Lapis Kedua Argentina, Jerman Belum Ajeg

“Amerika Serikat dan Indonesia memiliki hubungan yang erat yang terjalin sejak lama, serta mempunyai komitmen untuk menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” imbuhnya.

Pada Mei silam, staf Armada ke-7 AS dan USS Blue Ridge berkunjung ke Jakarta, Indonesia, untuk mempererat hubungan melalui pertukaran ahli dengan para personel kunci di TNI AL.

“Suasana yang penuh persahabatan ini mencerminkan hubungan yang bermanfaat antara Angkatan Laut kami,” ujar Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf AL, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono. “Saya yakin ada begitu banyak manfaat yang kita dapatkan dari forum ini yang akan membantu memperkuat hubungan kolaboratif kita,” terangnya.

Baca juga : Kementan Takkan Beri Ampun Mafia yang Permainkan Benih Jagung

Untuk acara pertemuan staf, kunjungan ke Jepang dan ke kapal komando Armada ke-7 membantu menegaskan komunikasi yang penting bagi kemitraan antara Angkatan Laut kedua negara. “Diskusi antara kedua Angkatan Laut kami di atas USS Blue Ridge terlaksana dengan sukses,” ujar Wakil Komandan Armada ke-7 AS, Laksamana Muda Ted LeClair.

“Bagian terpenting dari pertemuan kami adalah interaksi dengan rekan-rekan kami dari Indonesia, dan mengadakan diskusi langsung yang mempererat kami sebagai mitra maritim.”

Kapal Armada ke-7 seperti USS Blue Ridge telah mengunjungi Indonesia selama puluhan tahun sebagai bagian dari latihan seperti Cooperation Afloat Readiness and Training (CARAT) dan Southeast Asia Cooperation and Training (SEACAT). TNI AL juga kerap berpartisipasi dalam latihan multilateral seperti ASEAN-U.S. Maritime Exercise (AUMX) dan RIMPAC.

Baca juga : Ada Peringatan HUT TNI, Sejumlah Penerbangan Di Halim Dipindah Ke Soetta

Indonesia mendukung perayaan ulang tahun ke-25 CARAT, dengan keikutsertaannya sejak latihan tersebut dimulai pada 1995. Bersama para sekutu dan mitranya, Armada ke-7 AS memberikan keamanan di seluruh Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Sebagai armada terdepan terbesar milik AS, Armada ke-7 mengoperasikan sekitar 50-70 kapal dan kapal selam serta 140 pesawat dengan sekitar 20.000 pelaut. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.