Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Punya Jubir, Mobil Dinas 1-00

Prabowo Lain Sendiri

Rabu, 13 November 2019 06:05 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) didampingi juru bicaranya Dahnil Anzar Simanjuntak (kiri) saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11). (Foto: Patra Rizki Syahputra)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) didampingi juru bicaranya Dahnil Anzar Simanjuntak (kiri) saat menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/11). (Foto: Patra Rizki Syahputra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto tak seperti menteri lainnya. Menteri Pertahanan ini punya kekhususannya sendiri. Untuk bicara ke publik, Prabowo punya jubir. Menteri yang lain tak ada yang punya. Mobil yang dipakainya juga beda. Saat menteri lain memakai mobil dinas, Ketum Partai Gerindra memilih menggunakan mobil pribadi, Alphard putih dengan pelat nomor 1-00. Prabowo lain sendiri.

Prabowo menunjuk Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai staf khusus sekaligus jubir Menhan. Sebelumnya, Dahnil memang jadi jubir pribadi Prabowo saat Pilpres lalu.

Dalam rapat kerja dengan Komisi I, Senin kemarin, Dahnil tampak mendampingi Prabowo. Ia duduk di belakang deretan meja Prabowo dan sejumlah pejabat eselon I Kemhan. Eks Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu juga mengenakan tanda pengenal berlambang kemhan.

Baca juga : Urus Mobil Dinas Kabupaten, KPK Turun Kelas

Saat ditemui seusai rapat kerja, Dahnil membenarkan tentang jabatan barunya sebagai Jubir Menhan.”Iya, jadi staf khusus,” ujar Dahnil.

Sebagai staf khusus, Dahnil juga berperan sebagai juru bicara yang mengurusi persoalan di bidang non militer. Seperti komunikasi publik, media, dan hubungan antar lembaga. “Ya, pokoknya jadi jubir di bidang pertahanan non-militer. Termasuk soal program Bela Negara,” bebernya.

Dahnil pun sudah mulai memberi keterangan soal kegiatan Prabowo, kemarin. Salah satunya, ketika Prabowo menerima Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr. “Dubes AS melakukan kunjungan kehormatan kepada Menhan. Ramah tamah untuk saling kenal,” terang Dahnil, kemarin.

Baca juga : Hoaks, Kabar Prabowo Tak Ambil Gaji

Menurut Dahnil, Prabowo dan Donovan berbicara soal isu pertahanan global dan regional. “Lebih banyak terkait isu pertahanan global dan regional,” ungkap Dahnil ketika ditanya apakah Prabowo berbicara soal rencana kunjungan ke AS dengan Donovan.

Selain Dubes AS, Prabowo juga menerima Dubes Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A Abid Althagafi. Saat menerima kunjungan, Prabowo didampingi Wamenhan, Wahyu Sakti Trenggono, dan Sekjen Kemhan, Agus Setiadji. Pertemuan Prabowo dengan dubes negara sahabat berlangsung tertutup.

Kapuskom Publik Kemhan, Brigjen Totok Sugiarto, menjelaskan, pertemuan dengan dua dubes tersebut membahas kerjasama di bidang pertahanan. “Kedua pihak ingin hubungan kerjasama dan persahabatan antara Indonesia dan AS khususnya di bidang pertahanan diharapkan terus terpelihara dengan semangat persaudaraan dan prinsip saling menghormati,” ungkap Totok, kemarin.

Baca juga : Paloh Jenguk Oposisi Yang Lagi Sendiri

Dalam pertemuan itu, Prabowo juga memaparkan sejumlah program pertahanan Indonesia kepada AS dan Arab Saudi. Salah satunya program prioritas Kemhan. Mengenai penggunaan mobil pribadi Alphard putih berpelat nomor 1-00, diketahui saat Prabowo menghadap Jokowi ke Istana, kemarin pagi. Prabowo tiba di Istana pukul 10.38. Turun dari mobil, dia langsung memasuki Istana.

Prabowo sebetulnya mendapatkan mobil dinas menteri dengan pelat nomor RI 23. Namun, Prabowo tampak tak pernah menggunakan fasilitas negara itu. Pelat 1-00 digunakan Prabowo sejak akhir Oktober 2019. Pelat itu dipasangkan pada mobil pribadinya yang juga konsisten digunakannya sejak dilantik sebagai Menhan.

Netizen pun ramai memperbincangkan soal ini. “Menteri rasa presiden pak,” cuit @Yanto47851160. “Menhan staffnya lbh banyak dari Presiden... kerennnn,” sambar @NapiPKS. Akun @fathurdoaibu menyebut Prabowo beda. “Memang Prabowo lain dari yang lain. Punya jubir, pakai mobil plat 1-00. Tampil Beda,” kicaunya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.