Dark/Light Mode

Paloh Jenguk Oposisi Yang Lagi Sendiri

Kamis, 31 Oktober 2019 07:26 WIB
Ketum Partai Nasdem Surya Paloh merangkul Presiden PKS Sohibul Iman (kanan) di kantor DPP PKS Jakarta, Rabu (30/10). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ketum Partai Nasdem Surya Paloh merangkul Presiden PKS Sohibul Iman (kanan) di kantor DPP PKS Jakarta, Rabu (30/10). (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di saat sedang kesepian, sendiri menjalani hidup sebagai oposisi, PKS ditengok Ketum Partai Nasdem, Surya Paloh. Paloh yang sejak lima tahun lalu berada di barisan pendukung utama Jokowi, datang menghibur, menyemangati, juga menawarkan angin segar.

Paloh tiba di DPP PKS, Jalan Tb Simatupang, sekitar pukul 4 sore, kemarin. Paloh datang dengan memboyong rombongan besar. Ada 13 pengurus pusat yang dibawa dengan menggunakan bus.

Paloh turun terlebih dahulu. Menyusul kemudian Sekjen Jhonny Plate; Bendahara Umum Ahmad Ali dan para Ketua DPP seperti Rachmad Gobel, Taufik Basari, Hasan Aminudin, Willy aditya, Martin Manurung, Zulfan lindan, Sugeng Suparwoto, danTaufiq Qulhadi. Sekretaris Fraksi Nasdem DPR, Saan Mostapa juga ikut.

Baca juga : Idham Azis Janji Tuntaskan Kasus Yang Jadi Perhatian Publik

Paloh tampil dengan jas hitam dan kemeja putih di dalamnya. Sementara yang lainnya, kompak berseragam almamater biru dengan logo Partai Nasdem melekat di dada sebelah kiri.

Kedatangan mereka disambut Sekjen PKS, Mustafa Kamal, dan beberapa pengurus Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS, di halaman kantor. Sementara, para petinggi PKS menunggu di dalam. “Assalamualaikum,” ucap Paloh. “Waalaikumussalam,” jawab para petinggi PKS kompak, yang sudah stand-by, berdiri.

Paloh menghampiri Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri. Dia berdiri di posisi paling depan. Keduanya bersalaman, cipika-cipiki dan tampak sejenak bercakap-cakap. Lalu menyalami Presiden PKS, Sohibul Iman; Wakil Majelis Syuro, Hidayat Nur Wahid; dan petinggi PKS lainnya.

Baca juga : Juventus-Inter Milan Kompak Seri

Suasana kehangatan dan keakraban terpancar dari penyambutan ini. Tak hanya dengan Paloh, tapi juga terhadap pengurus Nasdem lainnya.

“Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh rasa persaudaraan, Partai Nasdem, Bang Surya, menyebut PKS saudara tua. Ini kami sangat tersanjung sebagai tuan rumah,” beber Sekjen PKS, Mustafa Kamal, usai pertemuan.

Pertemuan kedua partai ini berlangsung sekitar 1 jam. Hasilnya, ada 3 kesepahaman politik yang disepakati. Pertama, saling menghormati sikap konstitusional dan pilihan politik masing-masing partai. Partai Nasdem menghormati sikap dan pilihan politik PKS untuk berjuang membangun bangsa dan negara dari luar pemerintahan. “Di saat yang sama, PKS juga menghormati sikap dan pilihan politik Nasdem yang berjuang di dalam pemerintahan,” ucap Mustafa.

Baca juga : Oposisi dan Sistem Kita

Perbedaan sikap politik kedua partai tersebut, lanjut dia, tidak menjadi penghalang bagi Nasdem dan PKS untuk berjuang bersama-sama menjaga demokrasi agar tetap sehat. Dengan memperkuat fungsi checks and balances di DPR. Demokrasi yang sehat itu penting, untuk mengatasi tantangan-tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia baik di bidang politik, ekonomi, keagamaan, pendidikan, kesehatan, budaya dan lainnya.

Kedua, senantiasa menjaga kedaulatan NKRI dengan menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dengan baik dan benar, keluhuran akhlak dan keteladanan para elite sebagai dasar-dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta tidak memberikan tempat kepada tindakan separatisme, komunisme, terorisme, radikalisme, dan intoleransi.

“Ketiga, kami menyadari bahwa takdir sosiologis dan historis bangsa Indonesia adalah warisan sejarah kerja sama para pendiri bangsa antara kelompok nasionalis yang memuliakan nilai-nilai agama dengan kelompok Islam yang memegang teguh nilai-nilai kebangsaan,” sambung Mustafa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.