Dark/Light Mode

Kemendagri Gandeng OJK Dorong Percepatan Akses Keuangan Daerah

Selasa, 11 Juni 2024 20:09 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) melakukan langkah strategis mendorong percepatan perekonomian.

Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Horas Maurits Panjaitan mengatakan, keuangan merupakan salah satu kunci mendorong pertumbuhan perekonomian khususnya di daerah.

"Guna mendukung Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi), TPAKD melakukan percepatan akses keuangan di daerah, mendukung kemandirian daerah, peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah, serta meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat di daerah dalam upaya pencapaian tingkat inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024," kata Maurits, di Jakarta, Selasa (11/6/2024).

Baca juga : Menag: Fase Pemberangkatan Jemaah Berjalan Lancar

Maurits menambahkan, TPAKD secara aktif telah terlibat dalam pemulihan ekonomi nasional.

Hal ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk menjaga dan mempercepat pergerakan roda perekonomian melalui skema-skema pembiayaan aplikatif.

"Peranan TPAKD terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi sangat penting. TPKAD menjadi penghubung dalam menjaga sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah maupun lembaga jasa keuangan yang dimiliki oleh pemerintah daerah," jelasnya.

Baca juga : Menperin Dorong Perusahaan Turki Kerek Investasi Manufaktur Di Tanah Air

Menurutnya, hal ini penting diimplementasikan karena akan menjadi kekuatan yang besar untuk membantu masyarakat dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, jumlah UMKM adalah sebanyak 64.334 juta unit.

"Pemerintah juga mendorong percepatan perekonomian melalui program kredit usaha rakyat (KUR). TPAKD ini menjadi perlu dan strategis dalam mendorong perekonomian," ujarnya.

Baca juga : Wapres Jelaskan Enam Percepatan Pembangunan DOB Papua

Maurits juga meminta Pemda untuk mengoptimalkan realisasi APBD untuk mendukung pemulihan ekonomi serta pelayanan masyarakat.

Strategi yang dapat dilakukan dengan segera melakukan percepatan dan efektivitas program, kolaborasi dan sinergitas program Pemerintah melalui TPAKD, termasuk berbagai tim yang ada di daerah seperti Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) menjadi strategis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.