Dark/Light Mode

Presiden Kirim 68 Ekor Sapi Untuk Kurban Idul Adha

Jumat, 14 Juni 2024 12:44 WIB
Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)
Heru Budi Hartono. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Jokowi akan berkurban 68 ekor sapi pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. Sebagian besar di antaranya dikirim ke setiap provinsi di Indonesia. 

"Bobot sapi yang dikurbankan Bapak Presiden sekitar 800 kilogram hingga 1 ton," kata Heru Budi di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/6/2024).

Baca juga : Presiden Jokowi Kecam Serangan Israel Ke Rafah

Menurut Heru, sapi-sapi yang menjadi kurban Presiden pada tahun ini dikelola oleh Pemerintah Provinsi masing-masing. "Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk OIKN (Otorita Ibu Kota Negara) satu dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden," tambah Heru. 

Selain itu, terdapat satu ekor sapi untuk Masjid Istiqlal, satu ekor sapi untuk Masjid Darussalam Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dan satu ekor lagi untuk masjid tempat Salat Idul Adha Jokowi. Ditambah lagi ada 26 ekor sapi lainnya yang disebar ke beberapa daerah. Sapi-sapi itu diberikan kepada tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan pesantren di sekitar IKN.

Baca juga : Presiden Jokowi: Pak Dirut PLN Sanggupi Terangi Muratara

"Kami pastikan semua sapi dalam sebuah proses di dalam rangka pemilihan tersebut melalui rangkaian-rangkaian kesehatan, sehingga terhindar dari penyakit yang memang tidak kita inginkan," ujarnya.

Ketika ditanya di mana Presiden akan melaksanakan Salat Id, Heru belum mau membeberkan lokasinya. Dia berkata rencana Salat Id tahun ini masih dimatangkan sore ini. "Sedang dibahas dengan Pak Menteri Mensesneg," sebut Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta itu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.