Dark/Light Mode

Presiden Jokowi Kaget Saat Ke Pasar Lacaria, Segini Harga Beras Jelang Iduladha

Selasa, 14 Mei 2024 16:51 WIB
Presiden Jokowi saat mengecek harga dan stok bahan pokok jelang Iduladha di Pasar Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat mengecek harga dan stok bahan pokok jelang Iduladha di Pasar Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengaku kaget saat mengecek harga dan stok bahan pokok di Pasar Lacaria, Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, pada Selasa (14/5).

Sebab harga beras yang dinilainya relatif bagus, meskipun jelang hari raya Iduladha. Stok juga disebut memadai.

"Ya, harga saya lihat sangat baik, terutama beras," ujar Presiden Jokowi. "Saya tadi kaget, beras lokal dijual Rp 11 ribu per kilogram untuk yang medium, dan untuk yang premium Rp 13 ribu per kilogram, saya kira baik."

Baca juga : Jokowi Terbang Ke Sultra, Resmikan Bendungan Dan Jalan Daerah

Soal stok beras, Presiden menegaskan tidak perlu khawatir. Karena cadangan Bulog saat ini mencapai 1,8 juta ton, lebih tinggi dari biasanya yang sebesar 1,2 juta ton. 

"Jadi untuk stok enggak ada masalah," tegasnya.

Kepala negara juga senang saat mengecek harga bahan pokok lainnya. Ia mencontohkan bawang merah yang berada di kisaran harga Rp 35 ribu per kilogram, dan bawang putih Rp 50 ribu per kilogram.

Baca juga : Jukir Liar Sangat Pantas Segera Ditertibkan, Pak!

"Bawang merah malah lebih rendah dibanding di Jawa, jauh," ucapnya.

Jokowi meyakini tidak ada lonjakan harga bahan pokok yang berarti jelang Iduladha. Terutama setelah mengecek kondisi pasar di dua kunjungan terakhirnya. 

"Yang saya agak khawatir kan beras—beras di sini malah baik karena memang produksi lokalnya juga melimpah, enggak ada masalah," ungkap Presiden.

Baca juga : Presiden Jokowi Sebut Harga Bahan Pokok Turun, Stok Beras Cukup

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan ke pasar tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dan Pj. Bupati Kolaka Utara Sukanto Toding.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.