Dark/Light Mode

Jokowi Targetkan Proyek Penangkal Rob Tambaklorok Kelar Agustus

Senin, 17 Juni 2024 13:54 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: YouTube Setpres)
Presiden Jokowi. (Foto: YouTube Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meninjau proyek penangkal banjir rob di Kawasan Tambaklorok, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (17/6/2024).  

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini meyakini bahwa proyek yang diharapkan mampu menyelesaikan ‘masalah klasik’ di Tambaklorok itu akan rampung pada bulan Agustus tahun ini.

Baca juga : KPK Tahan Tersangka Suap Proyek Pembangunan Jalur Kereta

"Nanti akan selesai bulan Agustus. Ini nanti kalau memang baik, penataan kampung nelayan baik, nanti akan kita bisa direplikasi, bisa di-copy ke daerah-daerah lain. Paling tidak ada contoh dulu," kata Jokowi kepada wartawan, Senin (17/6/2024).

Jokowi menyebut, penangkal Rob di Tambaklorok diproyeksikan punya umur bangunan selama 30 tahun. Pasalnya, bangunan penangkal ini punya panjang bangun sepanjang 3,6 kilometer (Km). 

Baca juga : Menteri PUPR Targetkan Jembatan Pulau Balang Selesai Sebelum Agustus

“Adalah proyek pengendalian ROB dan penataan kawasan Kampung Nelayan di Tambaklorok yang panjangnya untuk tanggul robnya ini 3,6 kilo (meter), sepanjang 3,6 kilo untuk pengendalian rob yang ada di Tambaklorok dan juga penataan kampung nelayan. Saya kira dalam jangka 30 tahun minimal itu bisa menahan rob yang terjadi," ujarnya.

Terkait efektivitasnya, Jokowi menegaskan, hal tersebut baru bisa dinilai ketika proyek selesai. Yang jelas, sejauh ini pembangunan proyek penangkal Rob tersebut sudah menghabiskan biaya Rp 386 miliar.

Baca juga : Ariston Komit Hadirkan Produk Pemanas Air Terbaik untuk Keluarga

"Nanti kita lihat kalau sudah selesai penataan kampungnya seperti apa, tanggul pengendalian robnya, efektivitasnya seperti apa. Yang jelas, ini sudah menghabiskan anggaran Rp 386 miliar," ujarnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.