Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bersama Tulus, Indonesia Suarakan Perlindungan Gajah dan Konservasi Lingkungan Hidup

Kamis, 14 November 2019 10:23 WIB
Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir dalam acara `A Night for Wildlife Preservation in Indonesia` di KBRI Paris, Rabu (13/11). (Foto: KBRI Paris)
Dubes RI untuk Prancis Arrmanatha Nasir dalam acara `A Night for Wildlife Preservation in Indonesia` di KBRI Paris, Rabu (13/11). (Foto: KBRI Paris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia, negara kepulauan terbesar di dunia, adalah rumah bagi banyak flora dan fauna unik. Di antaranya, tumbuhan dan satwa yang diliindungi. Sayangnya, kehidupan flora-fauna di alam bebas terancam karena berbagai faktor. Mulai dari lahan hutan yang beralih fungsi, wildlife crime, hingga perubahan iklim.

Khusus gajah, WWF Indonesia mencatat bahwa ketersediaan habitat dan luasan ruang jelajah gajah kini semakin terbatas. Akibatnya, makin banyak gajah yang terpaksa keluar dari habitatnya untuk mencari makan. Sehingga, muncul konflik antara gajah dan manusia.  

Dalam rangka membangun kepedulian dan menggalang dukungan bagi program-program perlindungan gajah Indonesia, maka WWF Indonesia berkolaborasi dengan KBRI Paris menyelenggarakan acara bertajuk “A Night for Wildlife Preservation in Indonesia” pada Rabu (13/11) di KBRI Paris.

Tulus, penyanyi papan atas Indonesia yang juga pendiri gerakan ‘Teman Gajah’, hadir untuk berbagi pengalaman membantu pelestarian gajah Sumatera. Salah satunya melalui kalung ber-GPS untuk memonitor pergerakan gajah-gajah. “Ini bisa mencegah konflik gajah dan manusia,” ungkap Tulus.

Penyanyi Anggun C Sasmi (keempat kanan) foto bareng Yenny Wahid (ketiga kiri), Shinta Kamdani (kedua kiri), Tulus (kanan), Muslim (keempat kiri) dan tim WWF Indonesia. (Foto: KBRI Paris)

Baca juga : Wamen LHK Ajak Milenial Jaga dan Rawat Lingkungan

Sementara itu, Muslim, aktivis perlindungan gajah dari Gayo, menekankan pentingnya perhatian dan dukungan semua pihak untuk gajah Sumatera. Terutama di Aceh.

Muslim mengatakan, alam Aceh yang indah sangat menarik untuk dikunjungi, terutama oleh pecinta satwa.  

Terkait hal ini, Duta Besar (Dubes) RI untuk Prancis Arrmanatha C. Nasir menyampaikan harapan, agar lebih banyak masyarakat Prancis yang memahami langkah-langkah yang dilakukan Indonesia untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Komitmen pemerintah Indonesian yang tegas untuk melawan deforestasi dan melakukan restorasi, perlu kita sebarkan. Selama ini, banyak capaian atau inisiatif Indonesia di bidang lingkungan minim pemberitaan. Kurang diekspos," kata Dubes Arrmanatha.

Baca juga : Duta Besar Uni Eropa Ingatkan Tanggung Jawab Jaga Lingkungan

Para undangan yang hadir di KBRI, dari kalangan senat, pemerintah, bisnis, media, dan budayawan tampak memberikan perhatian yang sangat baik. Acara ini juga turut dihadiri oleh Anggota Steering Committee Paris Peace Forum (PPF) Yenny Wahid, dan penyanyi Anggun C Sasmi.

Program pelestarian gajah Sumatera oleh WWF Indonesia merupakan salah satu dari 120 program terpilih, yang akan tampil dalam Paris Peace Forum (PPF) ke-2, yang berlangsung pada tanggal 12-13 November 2019 di La Grande Halle de La Villete, Paris.

Setiap tahunnya, PPF menyeleksi dan menampilkan berbagai program, yang dinilai berkontribusi dalam mengatasi berbagai tantangan global.

PPF dihadiri oleh pejabat tinggi pemerintahan, organisasi internasional, LSM, lembaga donor atau organisasi filantropi, dan tokoh dunia lainnya.

Baca juga : Indonesian Aid Tawarkan Bantuan Kemitraan Eksplorasi Laut

PPF memberikan sarana bagi para inisiator program untuk memperluas jejaringnya dengan para pengambil kebijakan dan lembaga donor, guna meningkatkan dampak positif dari program yang telah dilaksanakan.

PPF ke-2 dibuka oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan dihadiri sejumlah kepala negara, pejabat tinggi, dan pemimpin organisasi internasional. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.