Dark/Light Mode

Horee, Senin-Kamis Harga Tiket Pesawat Turun 30 Persen

Sabtu, 7 Desember 2019 13:04 WIB
Ilustrasi maskapai LCC, Citilink. (Foto: Citilink)
Ilustrasi maskapai LCC, Citilink. (Foto: Citilink)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada kabar baik dari Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Menurut dia, sejumlah maskapai berbiaya rendah (LCC) untuk rute penerbangan domestik menurunkan harga tiket pesawat di hari-hari tertentu hingga Februari 2020. Ini untuk meringankan beban masyarakat.

Secara khusus, kata Menhub, harga tiket LCC untuk rute penerbangan domestik angkutan niaga berjadwal akan turun 30 persen di hari Senin hingga Kamis setiap pekan. "Kebijakan ini adalah komitmen dari maskapai. Awalnya Garuda Indonesia dulu yang mulai. Nanti Lion Air biasanya mengikuti," ujarnya di Jakarta, Jumat (6/12).

Baca juga : Rakor Di Kuningan, Tito Bahas Penguatan Perbatasan

BKS-sapaan akrab Budi Karya mengatakan, Garuda Indonesia akan memulai penurunan tarif pada Kamis (5/12). Niat ini sudah disampaikan maskapai saat rapat bersama dengan pemerintah. Menhub memperkirakan, seluruh rute domestik akan terdampak penurunan tarif. 

Menhub menjelaskan, turunnya harga tiket pesawat tersebut merupakan hasil koordinasi yang sudah dilakukan antara jajaran Kementerian BUMN, ESDM serta stakeholder terkait seperti Garuda Indonesia. Selain Garuda Indonesia, Menhub mengatakan penurunan harga tiket jelang mudik Natal dan Tahun Baru juga akan diikuti oleh Maskapai Lion Air.

Baca juga : Lampaui Target, Konsumsi Perusak Ozon Turun 40%

"Tugas saya sudah saya jalankan. Kami sama-sama Kementerian BUMN dan ESDM koordinasikan. Garuda sudah melakukan InsyaAllah Lion juga," jelasnya.

Strategi harga pesawat yang lebih murah di weekdays dirasa efektif untuk membuat okupansi jadwal penerbangan tidak terlalu padat di akhir pekan. "Jadi bagi pemudik untuk Natal dan Tahun Baru jangan mudiknya hanya Minggu. Jadi Senin sampai Kamis harganya lebih murah," ucapnya.

Baca juga : Prancis dan Turki Amankan Tiket Piala Eropa 2020

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti menuturkan, Pertamina telah memberikan komitmen untuk membahas penyesuaian harga avtur, harga tiket pesawat bisa lebih terjangkau. Menurut dia, baru Garuda Indonesia yang menurunkan harga tiket, maskapai lain masih menunggu hasil dari rapat. "Nanti kita rapat. Sementara baru Garuda Indonesia," katanya.

Pemerintah memang konsen soal harga tiket pesawat jelang Natal dan Tahun Baru. Pada Natal dan Tahun Baru lalu, polemik tingginya harga tiket pesawat berawal dari kenaikan harga pada momen Natal dan Tahun Baru. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.