Dark/Light Mode

Buka Porwil se-Sumatera, Menpora Harap Lahir Atlet Berprestasi Menuju PON

Minggu, 3 November 2019 09:20 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se-Sumatera X tahun 2019 di Stadion Semarak, Bengkulu, Sabtu (2/11) malam. (Foto : Kemenpora)
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) se-Sumatera X tahun 2019 di Stadion Semarak, Bengkulu, Sabtu (2/11) malam. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora Zainudin Amali berharap Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) bisa melahirkan atlet nasional di Pekan Olahraga Nasional (PON). Ia juga minta masyarakat mendukung Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Hal itu dikatakan Menpora saat membuka Porwil se-Sumatera X tahun 2019 di Stadion Semarak, Bengkulu, Sabtu (2/11) malam. Pembukaan ditandai dengan pemukulan alat musik dol oleh Menpora bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Wakil Ketua Koni Pusat Suwarno.

"Semoga bisa menghasilkan prestasi bagi atlet untuk menuju PON. Ini momentum atlet unjuk prestasi," kata Menpora.

Baca juga : Menpora : Film Susi Susanti Memotivasi Atlet Berprestasi

Lebih lanjut, Menpora menjelaskan, Pemerintah Indonesia tengah menetapkan program pengembangan sumber daya manusia. Olahraga, kata Menpora menjadi salah satunya. “Pemerintah telah menetapkan program pengembangan sumber daya manusia, olahraga adalah salah satunya. Dengan berolahraga olahraga, kita akan bugar, sehat,” ujar Menpora.

Pada kesempatan itu, Menpora juga menyampaikan rasa gembira menyusul berhasilnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Dengan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah, tentunya ini menjadi kabar baik bagi masyarakat, khususnya pecinta sepakbola tanah air.

“Kita sebagai bangsa tentunya bergembira, sudah ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia Sepakbola U20 tahun 2021. Ini menjadi kebanggan kita semua. Oleh karena itu, kami meminta dukungan dan serta partisipasi masyarakat Bengkulu, semoga Indonesia bisa menjadi penyelenggara yang baik dan sukses. Semoga juga bisa meraih prestasi,” jelas Menpora.

Baca juga : Hari Sumpah Pemuda, Kemenpora Beri Penghargaan Pemuda Berprestasi

Sebagai informasi, Porwil 2019 mempertandingkan 11 cabang olahraga. Ke-11 nya yaitu atletik, renang, bulutangkis, biliar, sepakbola, catur, panjat tebing, kempo, bola voli, tinju, dan muaythai. Para kontingen berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik, mengumpulkan sebanyak medali untuk mengharumkan nama provinsi mereka. Dihadiri ribuan masyarakat, acara pembukaan berlangsung meriah.

Menpora tampak menyapa masing-masing kontingen yang melintas di lintasan atletik. Kemudian Menpora melambaikan tangan. Acara kemudian semakin meriah dengan pertunjukan pesta kembang api. Setelahnya, Menpora juga berkesempatan menerima api abadi dari gubernur. Menpora lalu menyerahkan api abadi tersebut kepada mantan atlet.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sangat bersyukur provinsi yang ia pimpin bisa menjadi tuan rumah Porwil. Keinginan sukses menjadi tuan rumah diharap bisa diikuti dengan prestasi untuk tim Bumi Rafflesia itu.

Baca juga : Kemenpora Siap Dukung Atlet E-Sport Mendunia

“Dalam kesempatan yang baik ini, sebagai tuan rumah kami menyampaikan ucapan selamat datang untuk seluruh kontingen wilayah Sumatera. Selamat bertanding untuk meraih medali. Tak hanya prestasi, acara ini juga bisa memberi dampak persahabatan dan persaudaraan yang baik. Sekali lagi, selamat bertanding,” ucapnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.