Dark/Light Mode

Dipimpin Nurbaya, KLHK Gelar Apel Siaga Karhutla 2020

Kamis, 19 Desember 2019 11:40 WIB
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menggelar Apel Siaga Koordinasi Strategi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2020, di Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (19/12) pagi.

Apel Siaga ini dihadiri oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar, Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyon, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK yang juga Ketua National Focal Point UNFCCC Indonesia, Ruandha Agung Sugadirman dan para pegawai KLHK. 

Baca juga : Wamen Alue Berikan Wejangan Kepada Delegasi Soal Penanganan Karhutla RI

Dalam sambutanya, Direktur Pengendalian Karhutla KLHK, Raffles B Panjaitan mengatakan, acara ini untuk meningkatkan semangat para petugas pemadam yang tergabung dalam Manggala Agni, yang selama ini bertugas di lapangan.

"Tujuan Apel siaga ini adalah untuk meningkatkan semangat para rekan-rekan di lapangan yang  selama hampir 10 bulan lebihnya melakukan upaya pengendalian Karhutla di sejumlah daerah," ujarnya.

Baca juga : Rusia Dilarang Gelar Piala Eropa 2020?

Raffles mengatakan, upaya yang dilakukan petugas Manggala Agni, dalam memadamkan titik panas di sejumlah daerah selama ini sudah sangat maksimal, walaupun banyak kekurangan.

Namun demikian, Raffles optimis dibawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Menteri LHK Siti Nurbaya, terbukti dapat menurunkan tingkat Karhutla di sejumlah daerah.

Baca juga : Disdik Jabar Gelar FGD Kerja Sama dengan Kemendiknas Prancis

"Kepemimpinan Pak Jokowi dan Menteri Siti telah berhasil menurunkan Karhutla sejak 2015. Ke depan, pencegahan kebakaran hutan dan lahan  akan terus ditingkatkan bersama para stakeholder dan parat hukumnya lainnya, " tandasnya. 

Dalam Apel Siaga itu, Menteri Siti Nurbaya memberikan penghargaan kepada 34 Daerah Operasi (daops) Manggala Agni dari seluruh Indonesia. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.