Dark/Light Mode

Disdik Jabar Gelar FGD Kerja Sama dengan Kemendiknas Prancis

Rabu, 20 November 2019 12:39 WIB
Suasana FGD Disdik Jabar dengan Kemendiknas Prancis Kemendiknas Prancis, 54 rue de Bellechaese, 75007 Paris, Senin (18/11). (Foto: KBRI Paris)
Suasana FGD Disdik Jabar dengan Kemendiknas Prancis Kemendiknas Prancis, 54 rue de Bellechaese, 75007 Paris, Senin (18/11). (Foto: KBRI Paris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sembilan orang delegasi Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar) beserta Atdikbud KBRI Paris, Prof Warsito, berkunjung ke Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Prancis, Senin (18/11). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka koordinasi dengan beberapa stakeholders bidang pendidikan menengah, terutama tentang peningkatan kualitas sekolah kejuruan dalam bentuk center of excellent.

Kegiatan diskusi dilakukan dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) yang berlangsung sekitar 1,5 jam, di ruang rapat, lantai 4 Kemendiknas Prancis, 54 rue de Bellechaese, 75007 Paris. Peserta FGD dari Dinas Pendidikan Jawa Barat dikoordinir Budi Hermawan. Tim dari Kementerian Prancis sebanyak tujuh orang yang dipimpin Mme. Dominique Bordes, Kepala Departemen Asia, Afrika, dan Ocean. Turut hadir pada pertemuan tersebut Mme. Lucille Sancho, Pusat Kerja Sama Universitas dan Sains dari Kementerian Luar Negeri Prancis, dan tiga orang Direktur CMQ.

Baca juga : Kemen PUPR Gandeng Kejagung

Dominique Bordes sebagai ketua tim menyampaikan apresiasi atas keaktifan Pemprov Jawa Barat dalam implementasi Plan of Action antara dua kementerian yang ditandatangai saat JWG, September lalu. Khususnya penguatan pendidikan vokasi. Bordes juga beharap ada model implemntasi kerja sama yang lebih terstruktur dalam bidang energi terbarukan, aeronautik, dan hospitality dapat segera disusun. 

Prof. Warsito memberikan sambutan awal menyampaikan bahwa kantor Atdikbud akan mendukung implementasi kerjasama dan menjadikan Disdik Jabar sebagai model bagi provinsi lain di Indonesia. 

Baca juga : Pancasila Harus Jadi Dasar Nilai Pembentukan Komunitas Masyarakat

Budi Hermawan menyampaikan kesiapan Disdik Jabar untuk membuat center of excellent dengan dukungan kerja sama dengan Kemendikas Prancis. Disdik Jabar juga berkeinginan melakukan kerja sama teknis secara langsung dengan beberapa CMQ di bidang energi, aeronotic, perhotelan, maritim, dan logistit. Tujuannya adalah untuk lebih praktis dalam berkoordinasi sehingga cepat dalam merealisasikan center of excellent dalam menyiapkan tenega kerja terampil di era revolusi industri 4.0.

Semangat Disdik Jabar ini tentu dimotori dan didukung penuh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, yang membuat slogan Jawa Barat Juara. Sehinga mendrong semua satuan kerja di Peprov Jabar untk menjadi juara, tidak terkecuali di bidang pendidikan. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.