Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KLHK Dalami Kerusakan Lingkungan Dalam Revitalisasi Monas

Rabu, 29 Januari 2020 08:17 WIB
Menteri LHK, Siti Nurbaya
Menteri LHK, Siti Nurbaya

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tengah mendalami apakah penebangan pohon terkait program revitalisasi yang di lakukan  Pemprov DKI  di Monas itu ada kerusakan lingkungan atau tidak. 

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan, ada indikasi proyek Pemprov DKI itu tidak sesuai dengan prosedur. 

“Kami lagi lakukan pemeriksaan. Jadi dari sisi prosedur saja ada kesalahan. Nanti di dalam aturan Keppres 25 Tahun 1995 itu terlihat sekali indikasi bahwa pekerjaan yang secara fisik sudah dilakukan di Monas itu tidak sesuai prosedur,” kata Siti di kompleks Istana Kepresidenan, kemarin. 

Baca juga : Tak Sesuai Keppres, Mensesneg Minta Revitalisasi Monas Dihentikan

Salah satu indikasi pelanggaran adalah penebangan ratusan pohon di Monas. Mantan Setjen DPD ini mengatakan, saat ini Dirjen Gakkum KLHK Rasio Ridho Sani sedang mendalami apakah penebangan itu termasuk kerusakan lingkungan. 

“Nah itu kalau bermasalah semua bisa kena pasal. Kalau memang ada indikasi pelanggarannya dan kelihatan pelanggarannya menurut pasal apa, ketentuan apa, sanksinya pasti ada,” tegasnya. 

Sanksi itu dapat berupa sanksi administratif, teguran, maupun tindakan lain yang diatur dalam UU KLHK.

Baca juga : Indonesia-Malaysia Perkuat Hubungan Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Islam

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta sedang merevitalisasi kawasan Monas, Jakarta Pusat. Revitalisasi akan dikerjakan selama tiga tahun, yakni 2019-2021. 

Dalam rancangan  revitalisasi Monas, Pemprov DKI akan membangun lapangan plaza sebagai wadah ekspresi warga di setiap sisi Monas, baik di wilayah selatan, timur, maupun barat.

Pemprov DKI juga akan membangun kolam yang dapat merefleksikan bayangan Tugu Monas. Revitalisasi ini bersamaan dengan revitalisasi Masjid Istiqlal dan kawasan di sekitar Lapangan Banteng. Ketiga wilayah tersebut, nantinya akan terhubung dengan jalur pejalan kaki yang lebar dan rapi. Revitalisasi mulai dikerjakan pada November 2019. . [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.