Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Kerajaan Copot, Harry Juga Ganti Duit Renovasi Rumah

Minggu, 19 Januari 2020 09:19 WIB
Harry dan Meghan Markle akan mengudara 29 Januari pukul 8 malam  di saluran Fox hasil produksi WarnerMedia TMZ.
Harry dan Meghan Markle akan mengudara 29 Januari pukul 8 malam di saluran Fox hasil produksi WarnerMedia TMZ.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak akan menggunakan titel HRH (His/Her Royal Highness) atau Yang Mulia di depan nama masing-masing. Mereka juga akan mengganti biaya renovasi Frogmore Cottage, Windsor, rumah mereka saat menetap di Inggris. Sekitar Rp 4,2 miliar yang diambil dari pajak negara.

Cottage itu, kediaman resmi pasangan beranak satu ini yang diberikan Ratu Elizabeth usai pernikahan mereka. Meski akan mengganti biaya renovasi, Frogmore Cottage akan tetap menjadi tempat tinggal mereka. Akan tetapi, semua staf di Frogmore Cottage, dalam pekan ini telah dipecat Ratu dan dialihtugaskan untuk bekerja di rumah rumah lain dalam lingkungan Kerajaan Inggris.

Pencopotan gelar kerajaan Harry dan Meghan telah diumumkan secara resmi Istana Buckingham, seperti dilansir BBC. "Duke dan Duchess of Sussex, menurut pengumuman dari Istana Buckingham pada Sabtu (18/1) tidak akan menggunakan gelar HRH mereka karena tidak lagi bekerja sebagai anggota Keluarga Kerajaan," dilansir AFP.

Baca juga : Mundur Dari Tugas Kerajaan, Harry Siap Biayai Hidup Sendiri

Diketahui, HRH adalah akronim dari Her Royal Highness atau Yang Mulia. "Sebagaimana disepakati dalam aturan baru ini, mereka (Harry dan Meghan) memahami bahwa mereka mundur dari tugas-tugas Kerajaan, termasuk penunjukan militer resmi. Mereka tidak akan lagi menerima dana publik untuk tugas-tugas Kerajaan," kata pernyataan itu.

Pencopotan gelar kerajaan akan mulai berlaku pada musim semi 2020, atau sekitar Maret-April tahun ini. Pernyataan resmi dari Ratu menyebut, keputusan tersebut diambil setelah mereka membicarakannya berbulan-bulan lalu, dan berdasarkan diskusi yang dilakukan para anggota senior Kerajaan pada Senin (13/1).

"Saya bersyukur akhirnya kami telah menemukan solusi yang kontstruktif dan suportif untuk cucuku dan keluarganya," tulis Ratu dalam pernyataannya.

Baca juga : Taspen Berikan Tabungan Hari Tua Dan Pensiun Ke Eks Ketua BPK

"Harry, Meghan dan Archie akan selalu jadi anggota keluarga yang sangat kami cintai," lanjutnya.

Ratu juga menyadari berbagai tantangan yang telah Pangeran Harry dan Meghan Markle lalui sebagai anggota kerajaan yang selalu diamati gerak-geriknya. Untuk itu Ratu mengambil keputusan terbaik bagi mereka.

"Saya menyadari tantangan yang telah mereka lalui karena pengawasan intens dalam dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk menjalani hidup yang lebih mandiri."

Baca juga : Gelar Penanaman Serentak, Temanggung Bakal Gedor Bawang Putih Nasional

"Saya berterima kasih atas dedikasi mereka pada negara, Persemakmuran dan lainnya, dan saya bangga Meghan juga dengan begitu cepat bisa menjadi salah satu bagian dari keluarga."

Pernyataan Ratu akhirnya ditutup dengan, "Ini harapan seluruh keluarga saya bahwa kesepakatan hari ini menyetujui mereka untuk memulai hidup baru yang lebih bahagia dan tenang."

Meskipun tak lagi memiliki gelar HRH, Pangeran Harry dan Meghan Markle akan tetap dikenal sebagai Duke dan Duchess of Sussex. Pangeran Harry juga masih berada di garis keenam pewaris takhta Kerajaan Inggris.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.