Dark/Light Mode

Menteri Teten Siap Fasilitasi Pengusaha Mebel Dan Furnitur Go Global

Senin, 3 Februari 2020 19:34 WIB
Menkop dan UKM Teten Masduki saat didampingi para perajin furnitur mebel di Ngamplak, Solo, Jateng. (Foto: ist)
Menkop dan UKM Teten Masduki saat didampingi para perajin furnitur mebel di Ngamplak, Solo, Jateng. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Besarnya potensi industri furnitur, mebel dan kerajinan (craft) di Tanah Air, harus benar-benar ditangkap peluangnya oleh para pelaku usaha. Pasalnya, industri tersebut telah memiliki pasar yang sangat diminati oleh konsumen luar negeri.

Di kota Surakarta, Solo misalnya, beberapa sentra industri furnitur ini telah mendapat market potensial untuk pasar ekspor. Hal itu terlihat dalam kunjungan kerja yang dilakukan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki di beberapa sentra industri furnitur dan kerajinan tangan, di antaranya di Pasar Mebel Ngamplak (furnitur kayu) dan Koperasi Manunggal Jaya Trangsan Sukoharjo (industri rotan).

Di Pasar Mebel Ngamplak, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Mebel Gilingan Kota Surakarta Budi Santoso mengatakan, kawasan pasar Mebel Ngamplak ini masuk dalam program Presiden Joko Widodo dalam percepatan kawasan ekonomi strategis di Jateng selama tiga tahun ke depan (2021-2023).

Pasar seluas 6.800 meter persegi (m2) ini memang menjadi salah satu daerah yang dikenal sebagai industri mebel. Namun sayangnya dikeluhkan Budi, sejak berdiri pada 1970-an, pasar ini kerap kali mengalami kebakaran. 

Baca juga : Stok Menipis, Kemenlu Siap Pasok Bahan Makanan Untuk WNI di Wuhan

"Sudah tiga kali kebakaran, dari habis terus bangun lagi, terus kebakar lagi. Kami berharap, pembangunan kembali Pasar Mebel Ngamplak ini mengakomodasi kebutuhan para perajin. Karena kalau tidak didukung bagaimana industri mebel survive bahkan menembus ekspor yang lebih luas," curhatnya saat diskusi dan dialog bersama Menkop dan UKM Teten Masduki di Solo, Jateng, Minggu (2/2).

Tak hanya masalah infrastruktur pasar, market hingga produksi mebel ini juga menjadi keluhan beberapa pelaku usaha saat bertemu Menkop. Padahal Pasar Mebel Ngamplak ini omzetnya mencapai lebih dari Rp 10 miliar per tahun, dengan kontribusi pajak ke APBD hingga Rp 27,1 miliar per tahun.

"Kami mengelola 44 pasar, masing-masing potensi ini telah kami maksimalkan. Sementara kami juga menaungi 67 pedagang sekaligus perajin mebel," ujarnya.

Sementara Koperasi Manunggal Jaya Trangsan Sukoharjo Suparji menuturkan, industri kerajinan rotan asal Sukoharjo ini telah sukses menembus market global di antaranya Spanyol, Uni Emirat Arab hingga Afrika Selatan. "Di 2019, di bawah naungan koperasi rotan sukses memenuhi demand tiga negara tersebut sebanyal 12 kontainer dengan nilai transaksi mencapai 140 ribu dolar Amerika Serikat atau setara Rp 1,91 miliar," sebutnya.

Baca juga : Kemendagri Dorong Inovasi dan Fasilitasi Pengembangan Perpustakaan di Daerah

Namun permasalahan bahan baku, saat ini masih menjadi kendala bagi koperasi dalam memenuhi permintaan pasar luar negeri. Selama ini, pasokan bahan baku rotan justru didatangkan dari luar Pulau Jawa yaitu Sulawesi, Kalimantan dan Aceh.

Suparji menyebut, dalam kurun waktu dua tahun terakhir, permintaan rotan meningkat pesat, terutama sejak adanya perdagangan bebas. "Buyer dari Amerika kalau sudah datang pasti pesannya jumlah besar. Selain bahan baku, SDM juga masih jadi kendala," tuturnya.

Pihaknya pun meminta adanya pelatihan dari ahli yang dibantu oleh Kemenkop dan UKM, terutama dalam pembuatan produk rotan berstandar ekspor. "Di masa kejayaannya di era tahun 80-an, industri rotan mampu memproduksi 400 unit per bulan. Kami ingin balik lagi di era kejayaan itu," ucapnya.

Menkop dan UKM Teten Masduki berujar, saat ini didorong bagaimana meningkatkan ekspor. "Bagaimana pun juga negara masih butuh dolar atau mengurangi impor. Dalam 2-3 tahun harus ada pertumbuhan ekspor atau kurangi impor," ucapnya.

Baca juga : Konhor Akan Fasilitasi Kerjasama Pertahanan dan Pariwisata Nepal-RI

Mebel maupun furnitur lanjut Teten, salah satu industri yang diprioritaskan untuk ditingkatkan produksinya baik dalam dan luar negeri. "Perkayuan memang sentranya di Jawa Tengah. Pemerintah harus bersinergi dengan Pemda dan Pemprov untuk produk unggulan nasional. Kami harus menyiapkan ekosistemnya, rantai pasoknya," ujar Teten.

Problem industri mulai dari pasar, SDM, teknologi, desain dan pembiayaan kata Teten, bakal segera dikonsolidasikan dengan Kementerian/Lembaga (K/L) terkait agar tujuan kenaikan jumlah ekspor produk UMKM bisa terwujud. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.