Dark/Light Mode

78 WNI di Kapal Pesiar Negatif Corona, Kemlu Komunikasi Terus di WAG

Rabu, 12 Februari 2020 12:01 WIB
(Foto SCMP)
(Foto SCMP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo terus memantau kondisi 78 kru WNI atau ABK di Kapal Pesiar Diamond Princess. Saat ini seluruhnya dalam keadaan sehat. Negatif virus corona baru (2019-nCov).

Baca juga : WNI Diimbau Tidak Panik

Untuk menjaga komunikasi, KBRI Tokyo telah membentuk whatsapps group (WAG) dengan para kru WNI dan memberikan bantuan logistik berupa vitamin. Kemlu bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan telah memanggil dua perusahaan manning agency yang memberangkatkan para kru WNI atau ABK untuk memastikan pelindungan bagi mereka. Kemlu juga telah menghubungi keluarga para ABK untuk menyampaikan perkembangan terakhir. 

Baca juga : Pasar Wisata Kapal Pesiar Indonesia Cukup Menjanjikan

Sebanyak 78 WNI masih tertahan di Kapal Pesiar Diamond Pincess di Perairan Yokohama, Jepang, untuk diobservasi terkait virus corona baru dari Wuhan China.

Baca juga : Bamsoet Sepakat Perlu Penguatan Peran Komisi Yudisial

Sesuai informasi Otoritas Jepang, jika tdk ada perkembangan lain, dijadwalkan masa observasi kesehatan akan selesai pada 19 Februari 2020. Terdapat lebih dari tiga ribu penumpang yang harus diisolasi di dalam kapal karena seorang penumpang asal Hong Kong positif terjangkit virus corona. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.