Dark/Light Mode

9 Juta Anak Kerdil, Kemendagri Minta Pemda Perhatikan Masalah Stunting

Selasa, 10 Maret 2020 18:01 WIB
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo saat Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional II Tahun 2020 di Hotel Grand Aquilla, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/3) /Humas Kemendagri
Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo saat Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional II Tahun 2020 di Hotel Grand Aquilla, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/3) /Humas Kemendagri

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo meminta permasalahan stunting menjadi perhatian bersama termasuk Pemerintah Daerah (Pemda). 

Hal itu disampaikan Hadi dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional II Tahun 2020 di Hotel Grand Aquilla, Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/03).

Baca juga : Kementan Pastikan Stok Pangan dan Daging Aman

Menurut dia, secara nasional pada 2018 stunting mencapai 30,8 persen atau 1 dari 3 balita menderita stunting. Yakni sekitar 9 juta dari jumlah penduduk Indonesia.

“Untuk itulah ini menjadi perhatian kita bersama,” kata Hadi.

Baca juga : Bagi-bagi Masker, KNPI Minta Pemerintah Gencarkan Sosialisasi Bahaya Corona

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama. Hal ini terjadi karena asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun. 

“Stunting disebabkan dua masalah utama, kaitannya dengan permasalahan asupan gizi yaitu ketahanan pangan dan lingkungan sosial. Kemudian dari non-kesehatan kaitannya dengan lingkungan kesehatan itu sendiri maupun lingkungan pemukiman. Hendaknya ini menjadi perhatian kita bersama dalam pengentasan dan mengatasi stunting,” jelas Hadi.

Baca juga : Kemenag Minta Penyedia Layanan Haji Di Saudi Waspadai Virus Corona

Salah satu fokus pemerintah saat ini, lanjut Hadi, adalah pencegahan stunting sebagai upaya agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal. 

Hal ini sejalan dengan Visi Pemerintah dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang ditunjang dari sisi pendidikan dan kesehatan, termasuk pengentasan stunting. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.