Dark/Light Mode

Perangi Corona, Jokowi Sudah Pesan 5 Juta Pil Avigan dan Obat Antimalaria

Jumat, 20 Maret 2020 15:51 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksin Corona memang belum resmi ada. Namun, Presiden Jokowi sudah memesan jutaan obat yang disebut ampuh untuk memerangi wabah Covid-19 di beberapa negara.

"Mengenai antivirus, belum ditemukan. Dan ini yang saya sampaikan adalah obat. Obat ini sudah dicoba 1,2, 3 negara dan beri kesembuhan," ujarnya, dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (20/3).

Baca juga : Siaga Pandemic Corona, Mentan Tetap Jamin Pasokan Cabe dan Bawang Aman

Ada dua jenis obat yang sudah didatangkan. Pertama, Avigan. Saat ini, 5.000 Avigan sudah didatangkan.  Yang dalam proses pengiriman, jumlahnya 2 juta.

Avigan, obat flu asal Jepang itu, diklaim pemerintah China efektif digunakan untuk mengobati pasien Corona.

Baca juga : Lawan Corona, Jack Ma Sumbang Perlengkapan Medis Ke Indonesia

Kedua, Chloroquine. "Kita telah siap 3 juta," ungkap Jokowi.

Chloroquine Phospate, yang biasa digunakan sebagai obat antimalaria disebut Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bisa digunakan untuk mengobati orang yang terinfeksi virus Corona. China juga pernah mengujicobanya.

Baca juga : Perangi Covid-19, Bayer Nyumbang 3 Juta Pil Malaria ke AS

Obat-obat ini, kata Jokowi, akan sampai ke tangan pasien melalui dokter yang berkeliling dari rumah ke rumah, rumah sakit, serta puskesmas di kawasan terinfeksi.

"Saya sudah minta BUMN farmasi untuk memperbanyak produksinya," tegasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.