Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Beri Insetif Dokter Corona Rp 15 Juta Per Bulan

Senin, 23 Maret 2020 20:23 WIB
Presiden Jokowi menyalami petugas medis yang menangani wabah Corona (Foto: Twitter @jokowi)
Presiden Jokowi menyalami petugas medis yang menangani wabah Corona (Foto: Twitter @jokowi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi akan memberikan insentif kepada para tenaga medis di tengah pandemi Virus Corona. Jokowi mengatakan, rencana ini sudah dirapatkan dan disepakati bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Insentif akan diberikan setiap bulan.

"Kita telah rapat dan telah diputuskan. Telah dihitung oleh Menteri Keuangan, bahwa akan diberikan insentif bulanan kepada tenaga medis," ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers, di Wisma Atlet Kemayoran, yang dijadikan RS Darurat Covid-19, Senin (23/3).

Baca juga : Sore Ini, Rapid Test Corona Dimulai di Jakarta Selatan

Jokowi merinci, besaran insentif yang akan diberikan. Dokter spesialis akan diberikan Rp 15  juta. Dokter umum dan dokter gigi, Rp 10 juta. Sementara bidan dan perawat akan diberikan Rp 7,5 juta. Selain itu, tenaga medis lainnya akan diberikan Rp 5 juta. Santunan kematian juga akan diberikan sebesar Rp 300 juta. 

Tapi, kebijakan ini tak berlaku di seluruh Indonesia. "Ini hanya berlaku untuk daerah yang telah menyatakan tanggap darurat," tegas Jokowi. 

Baca juga : MUI Kota Bekasi Haramkan Pasien Positif Corona Shalat Jumat

Sebelumnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyebutkan, ada enam dokter yang meninggal lantaran diduga terinfeksi virus corona. Enam dokter tersebut masing-masing yakni, Hadio Ali, Djoko Judodjoko, Laurentius, Adi Mirsaputra, Ucok Martin, dan Toni D. Silitonga.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan ucapan duka cita dan belasungkawa mendalam atas meninggalnya para dokter itu. "Mereka, beliau-beliau telah berdedikasi, berjuang sekuat tenaga dalam rangka menangani virus korona ini. Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras beliau-beliau, atas perjuangan beliau-beliau dalam rangka mendedikasikan diri dalam penanganan Covid-19," tandas Presiden Jokowi. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.