Dark/Light Mode

Jokowi Yakin Physical Distancing Ampuh Cegah Penularan Corona

Selasa, 24 Maret 2020 13:21 WIB
Presiden Jokowi saat melakukan Rapat Terbatas dengan para Gubernur melalui teleconference, Selasa (24/3). (Foto: Sekretariat Kabinet)
Presiden Jokowi saat melakukan Rapat Terbatas dengan para Gubernur melalui teleconference, Selasa (24/3). (Foto: Sekretariat Kabinet)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, physical distancing atau jaga jarak selama wabah virus corona (Covid-19) merupakan salah satu cara terbaik memutus pencegahan virus mematikan tersebut.

"Kalau itu bisa kita lakukan, saya yakin bahwa kita akan bisa mencegah penyebaran Covid-19 ini," kata Jokowi, saat, memberikan pengarahan kepada gubernur dalam menghadapi virus corona, Selasa (24/3).

Baca juga : Presiden Minta Kepala Daerah Hitung Dampak Ekonomi Corona

Jokowi mengaku mengambil kebijakan ini setelah mempelajari kebijakan yang diambil negara lain dalam menghadapi virus corona. Karena itu, pihaknya memilih physical distancing ketimbang lockdown sebuah wilayah.

Namun, kata Jokowi, physical distancing membutuhkan sebuah kedisiplinan dan ketegasan yang kuat. Ia tak mau pasien terkait virus corona yang sedang menjalani isolasi justru keluar rumah.

Baca juga : Danamon Bikin Pojok Kesehatan Cegah Corona

Selain jaga jarak, Jokowi menyebut perlu dilakukan parsial isolated, yakni mengisolasi sebuah rukun warga (RW) hingga kelurahan. Langkah tersebut juga membutuhkan kedisiplinan "Kalau ini bisa kita lakukan, saya meyakini bahwa skenario yang telah kita pilih akan memberi hasil yang baik," ujarnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.