Dark/Light Mode

Bos BKPM Berikan Alat Tes Covid-19 Ke BNPB dan RS BUMN

Senin, 6 April 2020 19:44 WIB
Bos BKPM Berikan Alat Tes Covid-19 Ke BNPB dan RS BUMN

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menyerahkan bantuan sebanyak 50 ribu PCR (polymerase chain reaction) kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian BUMN, di Jakarta, Senin, (6/04).

Bantuan PCR ini didapat dari empat perusahaan LG yang beroperasi di Indonesia. Bantuan tersebut, tiba dari Korea Selatan, Minggu (5/04). 

"Ini bantuan tahap pertama. Ada beberapa investor Korea juga yang akan memberikan bantuan berikutnya. Siang ini, sebagian kita serahkan ke BNPB dan sebagian diserahkan ke rumah sakit yang dikelola BUMN," katanya dalam penyerahan bantuan yang ditayangkan melalui konferensi video di Jakarta

Baca juga : Wapres Barcelona Positif Covid-19, Xavi Nyumbang Rp 17,7 M

Turut hadir dalam penyerahan bantuan Menteri BUMN Erick Thohir, Inspektur Utama BNPB Tetty Saragih, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Desra Percaya, Sekretaris Direktorat Jenderal Bea dan Cukai RI Robi Toni dan President Director LG International Lee Chang Hyun.

Bahlil merinci jumlah bantuan yang akan disalurkan. Dari 50 unit PCR diagnostic test kit, sebanyak 20 ribu akan dikirimkan ke BPOM, 5 ribu unit dikirim ke Jawa Barat atas permintaan Gubernur Jawa Barat, 20 ribu unit dikirimkan ke rumah sakit BUMN, dan sisa 5 ribu buah akan didistribusikan ke Bekasi dan Depok.

"Bantuan itu untuk mengcover teman-teman yang sudah menyampaikan. Di sana juga pabrik Korea, akan dipercepat," katanya.

Baca juga : Menteri Tito Terima 10 Ribu Alat Tes Covid-19 dari Dubes Singapura

Dalam kesempatan sama, Menteri BUMN, Erick Thohir menjelaskan, sebanyak 35 dari 65 rumah sakit BUMN sudah siap menangani pasien COVID-19.

Ia juga merinci secara total rumah sakit BUMN memiliki 7.000 tempat tidur. Di mana 2.411 tempat tidur diperuntukkan untuk menangani pasien COVID-19.

Erick mengaku, terus berupaya melakukan pengadaan untuk memenuhi kebutuhan guna penanganan COVID-19, baik berupa pengadaan mandiri atau sumbangan. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.