Dark/Light Mode

Cegah Covid-19, Bawaan WNI Dari Malaysia Disemprot Disinfektan

Selasa, 7 April 2020 12:13 WIB
Petugas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) perketat aktivitas lintas batas yang masuk dengan menyemprot disifektan.
Petugas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) perketat aktivitas lintas batas yang masuk dengan menyemprot disifektan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mengatasi penyebaran virus Corona (Covid-19) di perbatasan negara, Petugas Pos Lintas Batas Negara (PLBN) memperketat aktivitas lintas batas. Seperti yang dilakukan petugas pos PLBN Terpadu Entikong di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

Petugas PLBN Entikong meminta warga negara Indonesia (WNI) dari Malaysia yang kembali ke Tanah Air untuk mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir sebelum melakukan pemeriksaan. 

Kepala PLBN Entikong, Viktorius Dunan, menyampaikan PLBN tidak hanya memperhatikan WNI yang akan melintas, barang bawaan seperti koper dan lain sebagainya juga mendapat perhatian agar tidak membawa virus Covid-19 ke Indonesia. 

Baca juga : Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar Jadi Dokter Sehari Dalam Sepekan

Dijelaskan Viktorius, bahwa barang bawaan tersebut, disemprot disinfektan sebelum masuk ke Tanah Air.

"Disinfektan barang bawaan dilaksanakan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak wilayah kerja PLBN Entikong," ujarnya di PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (7/04).

Selain menyemprot cairan disinfektan pada barang bawaan, WNI yang masuk ke Indonesia melalui PLBN Entikong juga harus melewati beberapa proses lainnya, seperti pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermal gun, wawancara tentang kondisi kesehatan, pencatatan identitas, tujuan perjalanan dalam kartu kewaspadaan kesehatan (HAC), serta pemeriksaan dokumen keimigrasian dan kepabeanan.

Baca juga : Pertamina Lakukan Penyemprotan Disinfektan pada 10 Titik Fasilitas Umum di Kota Samarinda

Viktorius mengatakan, WNI yang sudah melewati semua proses tersebut, akan diperbolehkan melintas masuk. "Apabila kondisi fisik sehat dan dokumen lengkap, maka dipersilakan melintas," sambungnya.

Pada Maret 2020, Viktorius membeberkan sudah ada 6.486 orang WNI yang masuk ke Indonesia melalui PLBN Entikong. 

Dari 6.486 orang WNI yang masuk ke Indonesia, Viktorius menegaskan, belum ada WNI yang terdeteksi suspect Covid-19."Sampai sekarang belum ada yang terdeteksi terjangkit virus Covid-19," pungkasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.