Dark/Light Mode

Kemristek Berikan Paket Sembako Ke Ojol Hingga Penjual Makanan

Jumat, 17 April 2020 20:20 WIB
Bambang Brodjonegoro
Bambang Brodjonegoro

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) membagikan 1.000 paket sembako kepada penjual makanan harian, pengendara ojek online, office boy, sopir kendaraan kantor yang terdampar covid-19.

"Mudah-mudahan bantuan paket sembako bisa memberikan semangat bagi bapak ibu untuk sabar menunggu selesainya pandemik ini dan kembali normal," kata Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro dalam acara penyaluran bantuan yang ditayangkan dalam jaringan, Jakarta, Jumat, (17/04).

Bantuan itu disalurkan kepada mereka yang sehari-hari membantu Kemristek/BRIN dengan menyediakan jasa ojek untuk pegawai, jasa makanan untuk makan siang pegawai, jasa kebersihan kantor, dan keamanan kantor.

Baca juga : Pemprov DKI Sebar 85.859 Paket Sembako di 13 Keluaran di Jaktim dan Jaksel

Paket sembako berisi beras, minyak, mie instan, gula, gudeg kaleng, empal kaleng, kecap, sambal, dan penyanitasi tangan (hand sanitizer). 

Penyanitasi tangan merupakan produk yang dibuat oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).  Sementara gudeg dan empal dalam kemasan kaleng dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Yogyakarta.

Menristek menginisiasi pengumpulan dana semabko ini dari pegawai di lingkungan Kemristek/BRIN dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK). 

Baca juga : PGN Pastikan Pasokan Gas Rumah Tangga Di Semarang Aman

Penggalangan dana ditujukan untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat sekitar.

Penggalangan dana itu dilakukan sejak 1 April sampai 15 April 2020 dari para pimpinan dan pegawai Kemenristek/B RIN dan LPNK, yaitu Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), BPPT, Badan Standardisasi Nasional (BSN), Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), LIPI serta Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan Pusat Peragaan IPTEK (PP IPTEK).

Sebelumnya, dilakukan pemberian sembako tahap pertama secara simbolis kepada perwakilan masyarakat yang terdampak COVID-19. Pada tahap pertama dibagikan 446 paket sembako yang terdiri dari 51 paket untuk pedagang makanan di kantin dan sekitar kantor Kemristek/BRIN, 250 paket untuk pengemudi ojek online, dan 145 paket untuk office boy, pramusaji, satuan pengamanan, sopir kendaraan kantor dan honorer.

Baca juga : Gojek Bagikan 200 Ribu Paket Sembako Ke Driver

Sementara 554 paket sembako diserahkan kepada LPNK di lingkungan Kemristek/BRIN untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dan mengalami yang pendapatan yang berkurang selama diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.