Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gandeng Alfamart Dan YABB

Gojek Bagikan 200 Ribu Paket Sembako Ke Driver

Rabu, 15 April 2020 13:40 WIB
Driver Gojek menukarkan voucher sembako di Alfamart. (Foto: ist)
Driver Gojek menukarkan voucher sembako di Alfamart. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gojek menggandeng Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) dan Alfamart membagikan 200 ribu paket sembako untuk mitra driver. Bantuan ini untuk meringankan beban driver di tengah pandemi corona.

Inisiatif ini merupakan bagian dari 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver yang diumumkan Gojek, 31 Maret lalu. Paket sembako keluarga mitra Gojek ini dalam bentuk voucher digital senilai Rp 100.000 untuk 200 ribu mitra driver. Totalnya senilai Rp 20 miliar. 

Voucher ini didistribusikan melalui aplikasi mitra driver dan dapat digunakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng dan mie instan di seluruh gerai Alfamart di Indonesia.

Co-CEO Gojek yang sekaligus Dewan Pembina Yayasan Anak Bangsa Bisa, Andre Soelistyo mengatakan, program paket sembako keluarga mitra ini untuk meringankan beban pengeluaran dan membantu keluarga mitra memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Program ini didukung Alfamart.

Baca juga : Bantu Warga Rentan, Pertamina Bagikan 5.000 Sembako di 5 Provinsi

Menurut dia, dengan jaringan luas Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia, pihaknya dapat menjangkau ratusan ribu mitra driver. Bantuan juga tepat dapat sasaran sesuai kebutuhan mereka. “Prioritas Gojek saat ini adalah membantu mitra driver untuk bisa melewati masa sulit pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Menurut dia, Gojek telah melakukan berbagai inisiatif yang berfokus pada tiga area utama yang paling berdampak pada keberlangsungan hidup mitra driver, yaitu menjaga kesehatan dan keselamatan, meringankan beban pengeluaran, serta bantuan pendapatan. “Kami terus melakukan berbagai upaya dari hulu ke hilir guna memastikan mitra kami tetap sehat, aman, dan dapat memenuhi kebutuhan hariannya,” tambahnya.

Selain program sembako Gojek dan YABB, Alfamart sendiri juga memberikan bantuan kepada mitra driver Gojek melalui program Alfamart Melayani Indonesia. Program ini dalam bentuk 30 ribu voucher digital senilai Rp 50.000 per driver dengan total nilai Rp 1,5 miliar.

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin mengatakan, bantuan untuk Mitra Driver Gojek ini merupakan rangkaian program tanggap Alfamart Melayani Indonesia, dalam penanganan pandemi corona. Mitra Driver Gojek adalah salah satu pihak yang terkena imbas dalam kondisi penyebaran wabah seperti sekarang ini. 

Baca juga : Pertamina Bersama Zakat Indonesia Tebar Paket Sembako

“Mayoritas masyarakat harus Work From Home dan menerapkan physical distancing, sehingga berdampak pada penghasilan mereka. Bantuan ini akan disalurkan terhadap driver Gojek yang benar-benar membutuhkan bantuan,” jelas Solihin.

Dukungan Alfamart berupa voucher sembako digital senilai Rp 1,5 miliar tersebut terdiri dari dana sebesar Rp 1 miliar yang merupakan hasil donasi konsumen Alfamart dengan menggandeng empat yayasan. Yakni BMCI sebesar Rp 500 juta, Lazismu Rp 250 juta, NU Care-LazisNu Rp 150 juta dan Mizan Amanah Rp 100 juta. Sementara tambahan Rp 500 juta merupakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Alfamart.

Menurut dia, Alfamart juga menjalankan berbagai inisiatif untuk membantu masyarakat menanggulangi dampak pandemi corona. Alfamart telah menyalurkan paket bantuan nutrisi dan vitamin untuk paramedis di 50 Rumah Sakit rujukan penanganan corona. Alfamart juga melakukan penyemprotan desinfektan di lebih dari 100 titik fasilitas umum seperti rumah ibadah, serta pemberian hand sanitizer dan peralatan kesehatan lainnya.

“Dengan semangat gotong-royong dan saling membantu, saya yakin kita dapat bersama-sama melewati masa penuh tantangan ini. Kami berharap inisiatif positif ini dapat mendorong pihak-pihak lain ikut bergerak mengantisipasi berbagai dampak penyebaran Covid-19,” tambah Solihin.

Baca juga : Selama PSBB, Polri akan Kawal Distribusi Bahan Sembako

Andre menambahkan, selain program voucher sembako, sebagai bagian dari upaya ringankan biaya harian mitra driver, sejak Maret lalu Gojek telah membagikan lebih dari 4.000 paket sembako kepada mitra driver berusia lanjut (lansia) di sejumlah kota-kota besar. Gojek juga telah membagikan 1 juta voucher makan per minggu kepada mitra driver untuk membeli paket makanan harga terjangkau dari ribuan merchant UMKM.

Untuk meningkatkan pendapatan mitra driver, Gojek juga meluncurkan program Hari Kuliner Nasional atau Harkulnas untuk meningkatkan penjualan merchant UMKM. Gojek juga telah melakukan penyesuaian di aplikasi dengan menambah opsi pilihan tip agar pelanggan Gojek bisa memberikan tip hingga Rp 100.000, yang disalurkan langsung ke e-wallet mitra.

“Gojek juga telah membagikan ratusan ribu paket kesehatan kepada mitra driver, yang terdiri dari masker, hand sanitizer dan vitamin. Distribusi paket kesehatan ini masih terus berlangsung di berbagai kota di Indonesia untuk memastikan mitra bisa terus prima dalam beraktivitas,” tukasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.