Dark/Light Mode

Peringati Hardiknas

PUPR Rehab 10 Ribu Sekolah, Dari Aceh Sampai Papua

Senin, 4 Mei 2020 11:03 WIB
Pemerintah percepat pembangunan dan renovasi sekolah di daerah.
Pemerintah percepat pembangunan dan renovasi sekolah di daerah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) menjadi momentum pembangunan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan rehabilitasi dan renovasi 10 ribu sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi dari Aceh hingga Papua. Tujuannya, agar para siswa dapat menuntut ilmu dengan baik pasca berakhirnya pandemi. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, standar pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sekolah harus baik. Selain dilengkapi fasilitas olahraga, penyediaan air bersih dan sanitasi  yang baik, termasuk tempat cuci tangan, penataan lansekap (taman), dan tahan gempa. 

Baca juga : Pemerintah dan DPR Sepakat Pasar Rakyat Buka Saat Pandemi

“Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Basuki, Senin (4/05)

Pada Tahun 2019, Kementerian PUPR telah melakukan rehabilitasi sebanyak 1.467 sekolah (SD, SMP dan SMU) dan 144 madrasah (Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah). Standar pekerjaan rehabilitasi dan renovasi sekolah tersebut dilengkapi fasilitas lapangan olahraga, toilet yang baik termasuk tempat cuci tangan serta penataan lansekap (taman).

Diharapkan, pembangunan fasilitas pendidikan ini membuat para pelajar dapat belajar dengan nyaman ketika kembali ke sekolah setelah Pandemi berakhir. 

Baca juga : Pemerintah Kejar Target 10 Ribu Tes PCR Per Hari

Hal ini sesuai arahan presiden Jokowi dan Wakil presiden Mar’uf Amin dalam membangun kualitas SDM. 

Kepala Sekolah MIN 12 Bandar Lampung, Munashiroh mengatakan, sebelum dilakukan rehabilitasi oleh Kementerian PUPR, kondisi sekolahnya selalu banjir ketika turun hujan. 

"Rasanya kembali ke rumah baru. Anak-anak menjadi semangat. Kelasnya baru, catnya bagus, plafonnya baru. Kemudian juga  lantainya bagus, halamannya juga diganti semua, sehingga kami sekarang nyaman belajar. Walaupun hujan lebat kami juga tidak buru-buru pulang karena memang sudah tidak banjir lagi," kata Munashiroh. 

Baca juga : Cegah Corona, Relawan Jokowi Semprot Disinfektan Ke Tempat Ibadah

Ucapan terima kasih juga disampaikan Dian Rinova, Siswa Kelas V MIN 11 Bandar Lampung. Menurutnya, fasilitas yang sudah dibangun Kementerian PUPR membuatnya lebih senang dan nyaman belajar.

"Dulu kalau musim hujan kalau sekolah was-was takut atapnya roboh. Sekarang sudah bagus, jadi nyaman belajar," ujar Dian Rinova. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.