Dark/Light Mode

BP2MI Siap Kawal Kepulangan PMI Hingga Ke Daerah Masing-masing

Kamis, 21 Mei 2020 18:08 WIB
Kepala BP2MI Benny Rhamdani (Foto: Istimewa)
Kepala BP2MI Benny Rhamdani (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) rta bekerja sama dengan pihak terkait seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KPK) dan pemerintah daerah masing-masing, untuk mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

Benny menjelaskan, terhitung 1 Januari hingga 13 Mei 2020, total PMI yang telah kembali ke Tanah Air berjumlah 130.729 orang. Sebanyak 34.849 di antaranya, pulang secara mandiri.

Baca juga : Komisi VI DPR: Penyelesaian Masalah Keuangan Garuda Jangan Sepotong-sepotong

Sedangkan yang kepulangannya difasilitasi BP2MI, jumlahnya ada 20.456. Sementara 75.424 sisanya, dipulangkan melalui Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19.

"Alhamdulillah, tidak terlalu banyak hambatan dalam penanganan 130.729 PMI itu. Kecuali, hal-hal teknis di lapangan. Namun, itu tak terlalu signifikan," kata Benny dalam wawancara via Zoom dengan Rakyat Merdeka, Rabu (13/5).

Baca juga : KBRI Bandar Seri Begawan Kembali Pulangkan PMI Ke Tanah Air

Protokol Kepulangan PMI

Sebagaimana disampaikan oleh Presiden Jokowi berdasarkan data BP2MI, pada periode akhir Mei hingga Juni 2020, ada 34.300 PMI yang akan kembali ke Tanah Air karena habis kontrak.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.