Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Isu Kudeta Muncul Lagi, Pendukung Erdogan Serang Oposisi

Rabu, 20 Mei 2020 15:33 WIB
Presiden Erdogan bersama para pendukungnya. (Foto: AFP)
Presiden Erdogan bersama para pendukungnya. (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Isu bakal adanya kudeta terhadap Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali muncul. Banyak yang menilai isu tersebut hanya untuk menyudutkan para oposisi.

Dilansir dari ahvalnews.com, para pendukung Partai Keadilan dan Pembangunan Turki (AKP) mulai menyerang para tokoh oposisi Erdogan di media sosial setelah munculnya isu. Mereka membuat tagar yang mengancam dan melecehkan para oposisi dan kritikus. Mereka menuding oposisi Turki dituduh menghasut untuk melakukan kudeta

Baca juga : Agnes Amelinda Mulyadi, Doyan Jengkol

Pada 4 Mei lalu, Erdogan menilai, Partai Rakyat Republik (CHP), masih menginginkan kudeta. Dia menegaskan, CHP tidak akan pernah mencapai supremasi di Turki.

Menanggapi pernyataan Erdogan itu, tokoh pro-pemerintah, Sevda Noyan dalam sebuah program TV pada Jum’at(15/5) mengatakan, dia bisa saja mempengaruhi 50 orang dari anggota keluarganya untuk mendukung Erdogan jika terjadi upaya kudeta terhadap Presiden Turki itu.

Baca juga : Berdamai dengan Corona, UIN Bandung Tawarkan Solusi Ini

Pendukung Erdogan lainnya, jurnalis Fatih Tezcan menggemakan sikap serupa pada 11 Mei lalu. Fatih mengatakan, kehidupan perempuan dan anak-anak Turki yang terlibat kudeta akan terancam.

Ribuan pendukung AKP juga mengancam tokoh-tokoh oposisi terkemuka. Mereka termasuk Wali Kota Istanbul, Ekrem Imamoğlu; Pemimpin CHP, Kemal Kılıçdaroğlu; Ketua CHP Istanbul Canan Kaftancıoğlu; Mantan Ketua Partai Demokrasi Rakyat Pro-Kurdi, Figen Yüksekdağ; dan seorang Jurnalis, Nevşin Mengü.

Baca juga : AirAsia Mau Terbang Lagi, Ini 10 Aturan Ketatnya

"Generasi yang beriman sekaligus pendendam. Ini adalah bagian dari masyarakat Turki yang paling tidak bermoral, dan paling kejam," tulis akun @icmihrak. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.