Dark/Light Mode

Kemendagri Perketat Protokol Kesehatan Saat Pilkada Serentak

Jumat, 29 Mei 2020 09:13 WIB
Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Politik dan Pemerintahan Kemendagri, Bahtiar
Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Politik dan Pemerintahan Kemendagri, Bahtiar

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) membantu Komisi Pemilih Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di daerah untuk mempersiapkan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang rencananya akan digelar pada, 9 Desember 2020. 

Tapi, diingatkan agar protokol kesehatan diutamakan dalam proses di setiap tahapan Pilkada.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar mengatakan, pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020, memang menjadi tantangan tersendiri. Karena akan digelar saat masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Mall Bakal Dibuka Lagi, Lippo Terapkan Protokol Kesehatan Demi Keamanan Pengunjung

Tentu, protokol kesehatan mesti diutamakan. Seperti arahan Presiden Jokowi bahwa protokol kesehatan dalam segala sektor kehidupan bermasyarakat dan bernegara tidak bisa di tawar-menawar lagi di era new normal. 

Ini semata untuk mencegah penyebaran virus. Protokol kesehatan yang dimaksud, wajib memakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, dan jaga jarak. 

"Kami minta Pemda membantu KPU dan Bawaslu daerah dalam mempersiapkan  dan mensosialisasikan  Pilkada yang rencananya akan digelar pada, 9 Desember  2020 dengan protokol Covid-19," kata Bahtiar yang juga Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, di Jakarta, (29/05).

Baca juga : Antisipasi Pemudik, Polisi Lakukan Penyekatan Kendaraan di Gentong Tasikmalaya

Menurut Bahtiar, sosialisasi tentang protokol kesehatan dalam setiap tahapan Pilkada menjadi kunci dari kesuksesan pelaksananaan hajatan pesta demokrasi di masa sulit ini. 

Pesta demokrasi dengan protokol kesehatan, juga bagian dari salah bentuk new normal di bidang poliitik dalam negeri. 

"Karena itu, semua pihak harus saling bersinergi.  Pemda harus mendukung sepenuhnya penyelenggara Pemilu, terutama mensosialisasikan kepada masyarakatnya masing-masing tentang pentingnya protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini," katanya. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.