Dark/Light Mode

Ulang Tahun Ke-8, DKPP Diminta Jaga Integritas dan Kepercayaan Publik

Jumat, 12 Juni 2020 18:59 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) mampu memberikan citra penyelenggara pemilu yang dapat dipercayai publik. 

Karenanya, pihaknya meminta integritas ini dapat terus dijaga. Hal itu dikatakannya dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun DKPP ke 8 yang tahun ini jatuh pada Jumat (12/06).

Baca juga : Cegah Kemiskinan, Solidaritas dan Kedermawanan Sosial Jadi SolusiĀ 

“Nama DKPP sudah dikenal memiliki image yang baik dan kepercayaan publik yang cukup tinggi. Untuk itu Kemendagri mengucapkan selamat atas prestasi-prestasi ini, dan tentunya mengharapkan agar integritas dan kepercayaan publik ini akan terus terjaga,” pesannya.

Mendagri menilai, selama berdiri, DKPP juga telah mampu menjadi lembaga negara yang mewujudkan kemandirian, integritas, dan kredibilitas penyelengara Pemilu. 

Baca juga : Bantu UMKM Terdampak Corona, Pemerintah Siap Gelontorkan Pembiayaan Baru

“Usia sewindu merupakan usia yang relatif muda bagi suatu intitusi negara. Namun DKPP telah membuktikan karya-karyanya dalam upaya mewujudkan kemandiriaan, integritas, dan kredibilitas penyelenggara pemilu,” kata Mendagri.

Sebagai lembaga negara penyelengara pemilu yang independen, kehadiran DKPP memiliki peranan yang sentral. Terutama dalam mengimbangi dan mengawasi kinerja dari KPU dan Bawaslu untuk menciptakan demokrasi yang berkualitas. Terlebih, dalam Pilkada Serentak 2020, kondisi nasional dihadapkan pada situasi wabah yang telah menjadi pandemi global, yakni Covid-19.

Baca juga : Jelang Ramadhan, Pertamina Sebar Sembako Untuk Masyarakat Lumut Balai

“DKPP akan menjadi sangat penting, tentu kita mengetahui bahwa DKPP sebagai unsur pengawas, melaksanakan tugas untuk check and balances dalam rangka untuk menciptakan kualitas demokrasi yang baik terutama dalam pengawasan election baik nasional maupun tingkat lokal. Karena itu, peran DKPP menjadi sangat penting dalam rangka untuk menjaga kualitas demokrasi pilkada 2020 ini dapat berjalan lancar ditengah keadaan yang luar biasa, banyak perubahan yang harus dilakukan,” tuturnya.

Diakhir, Mendagri berpesan, selain tetap menajga independensi, diharapkan DKPP mampu mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 dengan lancar dan aman dari Covid-19. [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.