Dark/Light Mode

Cegah Kemiskinan, Solidaritas dan Kedermawanan Sosial Jadi Solusi 

Kamis, 4 Juni 2020 17:10 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Foto: Instagram)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di tengah kondisi pandemi Covid-19, solidaritas dan kedermawanan sosial antar sesama harus ditingkatkan. Hal itu harus bisa diwujudkan untuk mengerem laju kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, saat menjadi narasumber dalam Sarasehan Kebangsaan bertema Amplifikasi Nilai-nilai Pancasila Sebagai Tameng Bangsa Menghadapi Tantangan dan Dampak Covid-19" yang digelar United in Diversity (UID) bersama Lemhannas belum lama ini.

Baca juga : Atasi Kemacetan, Pemprov DKI Uji Coba Penataan Kawasan Stasiun Tanah Abang

Lestari yang akrab disapa Rerie mengatakan, kedermawanan dan solidaritas terhadap orang lain mampu menjadi modal sosial bagi bangsa Indonesia, untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

"Solidaritas dan kedermawanan itu merupakan hasil dari pengamalan nilai-nilai keagamaan, yang dipadu dengan tatanan berbangsa dan bernegara. Sesuai sila ketiga dan keempat dari Pancasila, demi terwujudnya sila kelima," ungkap Rerie.

Baca juga : Komisaris dan Direksi Pertamina Sapa Pelanggan Setia

Survey Charities Aid Foundation menyebutkan, Indonesia adalah satu-satunya negara yang giving index-nya terus bertumbuh dalam 10 tahun terakhir. Solidaritas sudah menjadi jati diri bangsa Indonesia.

Lebih dari itu, Rerie menerangkan, Indonesia memiliki konsensus Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika). Konsensus itu teruji menjadi perekat bangsa dalam menghadapi berbagai krisis, sejak NKRI berdiri tahun 1945.

Baca juga : Kesadaran Keamanan Minim, Indonesia Jadi Bulan-bulanan Hacker

Dia menuturkan, pandemi Covid-19 telah menghantam sisi keadilan sosial kita, dimana kemiskinan dan kesenjangan sosial berpotensi bertambah. Di masa pandemi ini, seyogyanya menjadi momentum kembali memperkuat nilai-nilai kebangsaan.

"Karena dengan bersatu, kita bisa menghadapi tantangan ini," ujar Legislator Partai NasDem itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.