Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nanas Madu Pemalang Makin ‘Manis’, Di Tengah Pandemi Covid-19 Sukses Tembus Timur Tengah

Rabu, 17 Juni 2020 16:49 WIB
Nanas madu
Nanas madu

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Covid-19 menyebabkan lesunya berbagai sektor. Tidak hanya di Indonesia, melainkan dunia. Namun, di tengah kelesuan ini, petani nanas Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang membawa kabar baik. Para petani berhasil memasarkan produknya ke Jeddah, Arab Saudi sebanyak 12 ton nanas segar senilai Rp 176 juta rupiah.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telefon, Selasa (16/6), Siti Rokhamah, petugas Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang mengatakan, saat ini di Kabupaten Pemalang terdapat sekitar 1.500 hektare lahan nanas. Lokasinya di kaki Gunung Slamet tepatnya di Desa Belik dan Desa Beluk, Kecamatan Belik.

"Kesesuaian wilayah dengan kondisi lahan dan agroklimat menjadikan Nanas Madu Belik ini dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik," terang Siti melalui keterangan tertulisnya. 

Petani nanas di wilayah ini tergabung dalam Kelompok Tani Bulu Arja yang diketuai oleh Rain Mustofa. Luasan lahannya sekitar 40 hektare. Sementara Kelompok Tani Sumber Rejeki II diketuai oleh Tarsono seluas 10 hektare.

Siti menjelaskan, harga nanas madu di Kabupaten Pemalang berada di kisaran Rp 4000 - 4500/buah untuk kelas A, sedang untuk kelas B kisaran Rp. 3000 - 3500/buah dan Rp 2500/buah untuk kelas C. 

Lebih detil Siti menyebutkan kriteria buah nanas yang siap dipanen adalah mahkota telah terbuka, tangkai bunga menjadi keriput, mata/duri lebih datar dan besar serta bentuknya lebih bulat, warna kulit buah mulai menguning, timbul aroma buah nenas yang harum. Buah nanas siap dipanen 5 bulan setelah forcing. 

"Walaupun telah dilakukan perangsangan pembungaan dan pematangan buah, namun ukuran dan waktu panen nanas berbeda-beda. Setelah tanaman dipanen, maka tunas samping yang tumbuh dari tanaman nanas dipelihara lagi, dan selanjutnya dipanen buahnya,” tambahnya.

Baca juga : Aditya Mufti Mundur Dari Pilkada Banjarbaru

Dijelaskan Siti, tanaman fase kedua ini disebut Ratoon Crop (RC). Setelah nanas yang berasal dari tanaman RC ini dipanen, maka tunas samping yang tumbuh dipelihara sampai produksi selanjutnya. Fase ketiga ini disebut Second Ratoon (SR). Setelah nanas yang berasal dari tanaman SR ini dipanen, maka tanaman dibongkar dan diganti dengan tanaman baru yang berasal dari bibit baru. 

"Ini dilakukan agar kualitas dan ukuran nanaa dapat dipertahankan. Karena apabila tidak diganti dengan tanaman yang baru, maka kualitas mutu buah menurun,” kata dia.

Tidak hanya memproduksi nanas segar, petani nanas di Kabupaten Pemalang juga telah memproduksi nanas olahan berupa dodol nanas, kripik, stick nanas dan koktail nanas yang kedepannya juga diharapkan dapat pula menembus pasar mancanegara, bebernya.

Pentingnya Penerapan GAP

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto mengapresiasi nanas Kabupaten Pemalang yang dapat menembus pasar Timur Tengah ini. 

Pria yang akrab dipanggil Anton mengatakan, bila budidaya nanas dilakukan dengan mengacu pada standar yang ada maka akan diperoleh hasil yang signifikan. 

"Sehingga nanas yang dipanen dapat memenuhi kriteria pasar terutama pasar global,” terang Anton.

Baca juga : Taruna Ikrar: Penemuan Vaksin Menambah Optimisme Kita Lawan Covid-19

Anton mengharapkan dengan adanya ekspor nanas di Kabupaten Pemalang dapat menjaga keberlangsungan pendapatan petani di tengah pandemi serta menjadi contoh bagi para petani nenas daerah lain. 

"Terutama untuk lebih meningkatkan produksi dan kualitasnya menjadi lebih baik,” tambah Anton. 

Senada dengan yang diungkapkan Anton, Liferdi Lukman, Direktur Buah dan Florikultura memberikan apresiasi kepada petani nanas Kabupaten Pemalang. Di tengah Pandemi Covid-19, para petani mampu menghasilkan  nanas bermutu. 

"Kami akan terus mendorong dan mengingatkan para petani agar tetap melaksanakan budidaya yang sesuai dengan Good Agricultural Practices (GAP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku sehingga hasilnya sesuai dengan tuntutan pasar terutama pasar ekspor baik dari segi kualitas maupun kuantitas,” tambahnya.

Sesuai dengan arahan Menteri Petanian Syahrul Yasin Limpo, untuk selalu berkomitmen dalam menggenjot ekspor produk pertanian termasuk komoditas pertanian hortikultura terutama buah-buahan, Liferdi mengaku saat ini fokus dan berkomitmen dalam meningkatkan produksi dan kualitas/mutu buah-buahan tropis unggulan. 

"Utamanya yang berpotensi ekspor seperti manggis, mangga, pisang, nanas, salak, buah naga dan durian dengan berbagai program dan melibatkan seluruh stakeholders terkait,” lanjut dia. 

"Selama ini, nanas Indonesia yang diekspor adalah jenis Smooth Cayenne dari daerah sentra produksi Lampung dan Subang, akan tetapi nanas madu jenis Queen asal Pemalang ini bisa diekspor, merupakan suatu terobosan baru,” lanjut dia. 

Baca juga : Geliat Bisnis ‘Lucky Bamboo’ Di Tengah Pandemi, Ekspor Terus Meningkat

Liferdi menjelaskan terkait kunci sukses budidaya buah-buahan agar mencapai hasil yang berkualitas ekspor. Petani harus memperhatikan pemilihan benih yang sehat serta pemeliharaan tanaman yang baik dan pemupukan berimbang. 

"Khusus budidaya nenas, pengaturan jarak tanam juga menentukan kualitas hasil, karena selain memudahkan dalam pemeliharan kebun, buah yang dihasilkanpun mempunyai ukuran yang sesuai dengan permintaan pasar,” ujar Direktur yang dulu pernah berprofesi sebagai peneliti buah itu.

Pengunaan pupuk kandang sangat dianjurkan untuk pertanaman nanas. Menurut Liferdi, selain memperbaiki kesuburan tanah juga memenuhi kebutuhan hara tanah serta meningkatkan hasil produksi dan mengacu pada sistem pertanian organik.

"Kami berharap keberhasilan petani nanas Kabupaten Pemalang yang telah menembus pasar Timur Tengah ini dapat diikuti oleh petani nanas di daerah lainnya. Bahkan jangan hanya puas untuk masuk pasar Timur Tengah, kami berharap nanas segar Indonesia juga mampu menembus pasar internasional lainnya seperti China dan Eropa,” tutup Liferdi optimis. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.