Dark/Light Mode

Jadi Khatib Jumatan di Surabaya

Mahfud MD: Terapkan Protokol Kesehatan Bagian dari Takwa

Jumat, 26 Juni 2020 20:12 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) saat menjadi khatib salat Jumat di Masjid Baitul Hamdi, kompleks Gubernuran Jawa Timur, Grahadi, Surabaya, Jumat (26/6). (Foto: Kemenko Polhukam)
Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) saat menjadi khatib salat Jumat di Masjid Baitul Hamdi, kompleks Gubernuran Jawa Timur, Grahadi, Surabaya, Jumat (26/6). (Foto: Kemenko Polhukam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam Mahfud MD mengingatkan, melaksanakan protokol kesehatan secara ketat merupakan salah satu cermin ketakwaan seseorang.

Hal tersebut disampaikan Mahfud MD saat menjadi khatib salat Jumat di Masjid Baitul Hamdi, kompleks Gubernuran Jawa Timur, Grahadi, Surabaya, Jumat (26/6).

Mahfud menjelaskan, takwa pada hakikatnya adalah hati-hati. Mahfud  pun menyitir dialog antara Khalifah Umar bin Khattab dan Ubay bin Ka’ab dalam sebuah hadits.  

Baca juga : IIPG Ajak Masyarakat Tetap Patuhi Aturan Protokol Kesehatan Covid-19

Dalam hadits tersebut dijelaskan, sahabat Umar bin Khattab bertanya kepada Ubay bin Ka’ab mengenai makna takwa. Ubay yang ditanya justru balik bertanya. "Wahai Umar, pernahkah engkau berjalan melewati jalan yang penuh duri?"

Umar menjawab, "Tentu pernah." "Apa yang engkau lakukan saat itu wahai Umar?" Ubay bertanya kembali. "Tentu saja aku akan berjalan hati-hati," jawab Umar. Ubay lalu berkata, "itulah hakikat takwa”. 

Menurut Mahfud, dalam situasi pandemi Corona/Covid-19 melanda sekarang ini, semua orang harus hati-hati. Bentuk kehati-hatian itu adalah menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti menggunakan masker, menjaga jarak atau physical distancing, mencuci tangan dengan sabun, olah raga, dan menjaga kesehatan. 

Baca juga : Cegah Kerumunan di CFD Sudirman-Thamrin, Pemprov DKI Siapkan 32 Lokasi Pengganti di 5 Wilayah

"Melaksanakan protokol kesehatan secara ketat itu adalah upaya kita menghindari kemafsadatan atau keburukan dan kerusakan. Dan itu adalah sikap hati-hati di mana sikap tersebut adalah hakikat takwa," ungkap Mahfud. 

Diketahui, Mahfud berada di Surabaya untuk kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur mendampingi Presiden meninjau kesiapan lokasi wisata Pantai Solong di Banyuwangi.

Kemudian bersama Mendagri, melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas covid-19 Jawa Timur, dan Rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Desember 2020 di Provinsi Jawa Timur. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.