Dark/Light Mode

Jokowi Sentil Belanja Anggaran Masih Lelet

Masyarakat Tunggu Langkah Cepat Penanganan Covid-19

Selasa, 21 Juli 2020 07:59 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kembali menyentil para menteri yang masih lambat merealisasikan anggaran penanganan Covid-19. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, rakyat ingin pemerintah bergerak cepat tangani krisis kesehatan dan ekonomi.

Jokowi mengatakan, percuma punya anggaran tapi tidak bisa dibelanjakan dengan cepat. Padahal di tengah krisis seperti sekarang dibutuhkan ketepatan dan kecepatan mengambil kebijakan.

Baca juga : Emil Ingatkan Pesan JK Soal Pencegahan Dan Perlawanan Covid-19

“Rakyat menunggu, rakyat membutuhkan bantuan pada saat perekonomian seperti sekarang. Sekali lagi diperlukan langkah yang cepat dan efisien,” tegas Jokowi dalam acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun 2019 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Namun demikian, Jokowi menekankan, dalam merealisasikan anggaran tetap harus mengutamakan akuntabilitas. Setiap rupiah uang rakyat dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digunakan harus dapat dipertanggungjawabkan. Anggaran harus dikelola secara transparan, dikelola sebaik-baiknya, serta sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat.

Baca juga : Pemerintah Perkuat Penanganan Covid-19

“Komitmen kita, anggota BPK dan pemerintah adalah sama. Pertama, setiap rupiah uang rakyat dalam APBN harus digunakan secara bertanggung jawab,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.