Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menteri LHK Dukung Kiprah Profesi Insinyur Indonesia

Minggu, 26 Juli 2020 16:35 WIB
Pengukuhan 434 Insinyur Program Profesi Insinyur Angkatan I Tahun 2019/2020 IPB University, Sabtu (25/07).
Pengukuhan 434 Insinyur Program Profesi Insinyur Angkatan I Tahun 2019/2020 IPB University, Sabtu (25/07).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mendukung langkah dan kiprah Profesi Insinyur Indonesia (PII) untuk menjadikan Indonesia mandiri dan maju. Peran insinyur juga sangat diperlukan dalam pemulihan ekonomi .

Hal itu disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya di acara Pengukuhan 434 Insinyur Program Profesi Insinyur Angkatan I Tahun 2019/2020 IPB University, Sabtu (25/07).

Siti mengucapkan, selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh PII yang diambil sumpahnya dengan mengikuti protokol kesehatan. 

“Pemerintah sangat mendukung langkah-langkah dan kiprah profesi insinyur Indonesia dalam pemulihan ekonomi,” kata Siti dalam keterangan tertulisnya kepada RMco.id, Minggu (26/07) 

Baca juga : 3 Menteri Luncurin Aplikasi Tiket Feri Online

ewan Penasehat Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (PB Forki) ini menambahkan, bahwa dalam mendukung sumber daya manusia di bidang LHK, khususnya profesi insinyur, pada tahun 2018 telah ditandatangani Nota Kesepahaman antara Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) dan Menteri LHK tentang penyelenggaraan Program Profesi Insinyur Bidang LHK. 

Lebih lanjut,  Eks Sekjen DPD ini mengatakan, dalam kondisi pandemi dan New Deal, insinyur profesional sangat diperlukan. Misalnya, dalam pengembangan dan penguatan  industri electric vehicles, hydrogen vehicles  dan semikonduktor, juga perluasan teknologi 5G data dan jejaring serta Artificial Intelligence, pengembangan Researh and Development  untuk inovasi digital green economy  dan diversifikasi supply value chain.  

“Dalam kaitan implementasi agenda nasional Industri 4.0 Indonesia, seperti  otomotif atau autoparts, komponen elektronik atau semi konduktor, teknologi alat kesehatan dan  biofarma, pengembangan energi terbarukan, pengembangan 5G  dan bigdata serta penguatan kerja sama riset,” ujarnya.

SDM Unggul, Indonesia Maju

Baca juga : Menteri Koperasi Dukung Gerakan Disertifikasi Pangan Lokal

Dalam sambutannya, Siti mengingatkan, bahwa Presiden Jokowi pernah menyatakan, jika SDM bisa di up-grade, maka Indonesia bisa menghasilkan kompetensi dan keterampilan yang baik sebagai modal kuat untuk bersaing dengan negara-negara lain.
 
Selanjutnya, Presiden juga pernah menyatakan, bahwa manusia Indonesia yang lahir dan tumbuh dalam kondisi kesehatan yang baik, mendapatkan pendidikan yang berkualitas, dan memiliki karakter kuat berdasarkan Pancasila. SDM siap bersaing di tengah situasi global yang semakin kompetitif.  

Sehubungan dengan hal tersebut, kata Siti, peran insinyur yang memiliki daya saing global sangat dibutuhkan dalam menjadikan Indonesia mandiri dan maju.

Menutup sambutannya, Siti mengharapkan pengukuhan insinyur ini mampu mendukung akselerasi program profesi insinyur yang sangat strategis di era persaingan global. 

Presiden Jokowi sangat mendukung seluruh elemen bangsa agar dapat melakukan perubahan dan melakukannya secara cepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan merespon perkembangan persaingan dunia. 

Baca juga : Tunaiku Rayakan 6 Tahun di Indonesia

Program profesi insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi keinsinyuran yaitu profesi insinyur yang andal dan profesional yang mampu meningkatkan nilai tambah, daya guna, hasil guna untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. 

Dalam pengukuhan 434 insinyur tersebut, turut hadir Rektor IPB University, Arif Satria, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam dan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia, Heru Dewanto. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.