Dark/Light Mode

Terus Inovatif, Erick Thohir Berikan Penghargaan Kepada Milenial BUMN

Kamis, 30 Juli 2020 20:59 WIB
Terus Inovatif, Erick Thohir Berikan Penghargaan Kepada Milenial BUMN

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam satu dekade mendatang, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Jumlah penduduk berusia produktif akan lebih banyak ketimbang penduduk berusia tidak produktif.

Potensi tersebut harus dimanfaatkan dan terus digali kapabilitasnya, agar sumber daya manusia produktif memberikan kontribusi maksimal bagi pembangunan bangsa.

Jalan penggalian potensi sumber daya manusia produktif itu terus dilakukan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca juga : Panglima TNI Sematkan Tiga Penghargaan Sekaligus Kepada Kapolri

Salah satunya, dengan menggelar acara puncak atau inagurasi Milenial Innovation Summit 2020 yang berlangsung di Jakarta, Kamis (30/7) yang dihadiri Menteri BUMN, Erick Thohir serta dua wakil menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo.

Program Millenial Innovation Summit (MIS) yang digelar Kementerian BUMN bertujuan mencari karya inovasi terbaik dari karyawan milenial BUMN. Hal ini diharapkan mampu memicu budaya inovasi dari generasi milenial, yang berada di setiap perusahaan BUMN.

Selain itu, para milenial juga akan didorong berkontribusi dan melakukan perubahan demi BUMN dan Indonesia Maju.

Baca juga : Produk Minuman Karya Anak Bangsa Kembali Raih Penghargaan Kelas Dunia

Kegiatan ini mengompetisikan tiga kategori inovasi, yakni kategori business strategy, technology breakthrough, dan social innovation.

"Jika melihat jumlah karya inovasi dan ide-ide segar yang diseleksi panitia, saya yakin akan kemajuan Indonesia dan perusahaan BUMN di masa depan jika dipimpin oleh para milenial yang kini sudah berkiprah di BUMN. Saya ingin, agar semangat inovasi terus ada dalam diri seluruh karyawan BUMN sehingga akan muncul budaya pengembangan, teknologi, dan pemerataan di seluruh BUMN," ujar Erick Thohi

Acara puncak MIS 2020 yang menjadi momen penghargaan bagi para inovator terbaik di tiga kategori tersebut digelar, setelah panitia melakukan sejumlah proses tahapan sejak April 2020. Mulai dari kegiatan sosialisasi yang dilakukan di 107 BUMN, lalu proses seleksi project untuk memeras 8.640 proposal usulan menjadi 320 proposal inovasi, kemudian seleksi di ajang bootcamp dan panel judgement yang meloloskan 30 proposal, hingga pemilihan tiga tim terbaik (Top 3 Innovation) di setiap kategori yang ditentukan oleh tenaga ahli, praktisi, hingga pejabat internal Kementerian BUMN.

Baca juga : Transformasi, PLN Dorong Penggunaan Energi Ramah Lingkungan

Sebanyak sembilan finalis yang mewakili perusahaan BUMN tampil di malam inagurasi. Mereka terdiri dari PT RNI, Perhutani, dan PTPN Holding untuk kategori business strategy, lalu PT TELKOM, PLN, dan Adhi Karya di kategori technology breakthrough, serta Pupuk Sriwijaya, PT PP, dan PT Telkom untuk kategori social innovation

Program yang diikuti seluruh karyawan perusahaan BUMN ini diproyeksikan akan menjadi kegiatan rutin Kementerian BUMN setiap tahunnya.

Milenial Innovation Summit adalah wujud komitmen dari kementerian BUMN, dalam meningkatkan budaya inovasi serta pengelolaan talenta dan bakat untuk pengembangan dan kemajuan perusahaan BUMN di seluruh Indonesia. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.