Dark/Light Mode

75 Tahun Indonesia Merdeka

Transportasi Berperan Penting Rajut Keberagaman

Rabu, 19 Agustus 2020 13:00 WIB
Ilustrasi penumpang KRL Commuterline di masa pandemi, jaga jarak untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasi penumpang KRL Commuterline di masa pandemi, jaga jarak untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Di perkotaan, transportasi juga punya peran yang tak kalah penting dalam mewadahi keberagaman tersebut. Bersama menggerakkan roda perekonomian.

Transportasi massal seperti Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek, MRT, LRT, dan BRT, menjadi contoh nyata betapa moda tersebut dapat menyatukan masyarakat dari berbagai latar belakang suku, agama, ras, serta status ekonomi dan sosial yang sangat beragam.

Baca juga : Pertamina Perkokoh Posisi Sebagai Perusahaan Energi Dunia

Mulai dari pekerja informal harian hingga pelaku eksekutif di perusahaan, banyak yang menggunakan moda transportasi massal tersebut. Indonesia mini bisa dilihat di dalam angkutan publik tersebut. Semuanya disatukan dengan satu kepentingan. Bersama, bergerak untuk memenuhi nafkah keluarga yang akan menjadi mata rantai roda ekonomi di wilayah itu.

Terlebih, di masa pandemi Covid-19 yang tengah melanda di berbagai negara, termasuk Indonesia. Roda ekonomi harus terus bergerak, dan pemulihan di berbagai sektor harus segera dilakukan. Transportasi menjadi urat nadi pemulihan, dengan memfasilitasi masyarakat dari kalangan yang beragam. Melakukan mobilitas untuk berbagai keperluan seperti bekerja, sekolah, berbisnis, dan lain sebagainya.

Baca juga : Lagi, Indonesia Ekspor Bawang Putih ke Taiwan

Tentunya, dengan memastikan penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam bertransportasi. Agar tetap aman dan produktif.

Dengan berbagai latar tersebut, maka untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Kementerian Perhubungan mengangkat peran penting transporasi dalam merajut keberagaman di Indonesia. Salah satunya, dilakukan dengan mengadakan lima serial webinar tentang peran transportasi untuk merajut keberagaman.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.