Dark/Light Mode

75 Tahun Indonesia Merdeka

Transportasi Berperan Penting Rajut Keberagaman

Rabu, 19 Agustus 2020 13:00 WIB
Ilustrasi penumpang KRL Commuterline di masa pandemi, jaga jarak untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Ilustrasi penumpang KRL Commuterline di masa pandemi, jaga jarak untuk meminimalkan risiko penularan Covid-19. (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Webinar-webinar tersebut diadakan untuk menginformasikan kepada masyarakat, betapa vital peran transportasi dalam merajut keberagaman untuk menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Selain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi atau BKS, yang akan menjadi pembicara kunci dalam kegiatan tersebut, juga ada Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Panjaitan dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Baca juga : Pertamina Perkokoh Posisi Sebagai Perusahaan Energi Dunia

Para direktur jenderal di lingkungan Kementerian Perhubungan, para operator transportasi, pengamat/akademisi, serta pegiat keberagaman tampil sebagai narasumber.

Dalam salah satu serial webinar yang sudah berlangsung, yang mengangkat peran moda transportasi kereta api, Menteri Mahfud yang menjadi pembicara kunci mengatakan, segenap masyarakat Indonesia harus menjaga kebersatuan di dalam keberagaman. Karena, faktor yang membuat bangsa Indonesia merdeka adalah bersatunya masyarakat dalam keberagaman.

Baca juga : Lagi, Indonesia Ekspor Bawang Putih ke Taiwan

Menurut Mahfud, transportasi memiliki tiga peran yang penting dan vital dalam merawat keberagaman. Pertama, transportasi sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat yang tidak hanya menumbuhkan interaksi antar manusia tetap juga antar budaya yang berbeda.

Kedua, transportasi merupakan urat nadi yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lain yang beragam. Sehingga, potensi ekonomi suatu daerah dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga : Pertamina Mantapkan Posisi Sebagai Perusahaan Energi Kelas Dunia

Ketiga, transportasi berkontribusi terhadap penguatan persatuan Indonesia, karena persatuan muncul dari sebuah interaksi yang terbangun. “Negara harus hadir memfasilitasi mobilitas rakyat di mana pun, kapan pun melalui pembangunan infrastruktur transportasi, guna merajut simpul-simpul konektivitas. Transportasi berperan penting dalam merajut dan mempersatukan ragam aktivitas perekonomian, ragam sosial dan ragam budaya di seluruh Indonesia,” papar BKS.

Keberagaman adalah berkah yang dapat memperkuat persatuan, yang menjadi modal utama pemulihan dampak pandemi, dan akan menjadi pondasi kuat untuk menuju Indonesia Maju. Dirgahayu Republik Indonesia! Transportasi Maju, Indonesia Maju!. [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.