Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati HUT Kemerdekaan

BPK Edukasi Masyarakat Soal Akuntabilitas Keuangan Negara

Jumat, 21 Agustus 2020 18:56 WIB
Wakil Ketua BPK Agus Pramono
Wakil Ketua BPK Agus Pramono

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut HUT Kemerdekaan ke-75, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar Festival Untuk Negeri 2020. Festival yang berlangsung sampai Desember ini merupakan ajang sosialisasi dan edukasi soal nilai akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.
 
Dalam festival bertema  “Akuntabilitas untuk Semua” atau “Accountability for All” ini digelar empat rangkaian kegiatan lomba.
 
Pertama, lomba cerdas cermat online yang diikuti pelajar SMA/SMK/sederajat dan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Kedua, bibliobattle atau lomba menceritakan kembali buku fiksi/non fiksi yang memiliki nilai moral/value (integritas, kejujuran, dan lain-lain). Ketiga, lomba karya video untuk internal pegawai BPK dan pelajar. Terakhir, lomba konten medsos bagi pelajar dengan tema “BPK Menurut Kamu”.
 
Menurut Wakil Ketua BPK Agus Pramono, pihaknya selalu berupaya meningkatkan wawasan dan berinteraksi dengan para pemangku kepentingan. Tidak hanya terhadap entitas yang diperiksa, lembaga perwakilan, pemerintah, lembaga profesi, dan masyarakat umum.
 
“Tapi juga para penerus negeri ini. Yaitu para generasi muda pelajar dan mahasiswa,” ungkap Agus Pramono saat membuka festival ini secara virtual, Rabu (19/8).
 
Pembukaan kegiatan ini diikuti seluruh pejabat eselon I, eselon II, Kepala Sekretariat Auditorat Keuangan Negara dan Perwakilan BPK, dan peserta lomba cerdas cermat dari seluruh Indonesia.
 
Begitu dibuka, festival dilanjutkan dengan penyisihan lomba cerdas cermat online yang akan mengasah kemampuan dan menguji pengetahuan peserta mengenai sejauh mana pengenalan generasi muda tentang BPK, memahami wawasan kebangsaan serta memantau isu- isu berita yang berkembang saat ini.
 
Menurut Agus Pramono, lomba ini diharapkan menjadi jembatan dalam memperkuat wawasan kebangsaan, menanamkan nilai Pancasila, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika di kalangan generasi muda.
 
Dan yang terpenting, memberikan pengetahuan terhadap peran lembaga negara, salah satunya BPK, dalam ketatanegaraan Indonesia dan pemeriksaan pengelolaan keuangan negara. Sebanyak 520 tim telah mendaftar dari masing-masing kelompok peserta, atau lebih kurang sebanyak 1.353 peserta pelajar dan mahasiswa.
 
BPK terus berkomitmen menjalin hubungan yang baik dengan para pemangku kepentingan, terutama generasi muda. Generasi penerus bangsa ini diharapkan menjadi agen BPK dalam mendukung terwujudnya tata kelola keuangan negara yang transparan dan akuntabel. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.