Dewan Pers

Dark/Light Mode

Ke KPK, Mensos Juliari Laporkan Update Program Bansos

Rabu, 9 September 2020 12:43 WIB
Menteri Sosial RI Juliari Batubara. (Foto: Kemensos RI)
Menteri Sosial RI Juliari Batubara. (Foto: Kemensos RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara mendatangi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia mengaku melaporkan perkembangan program perlindungan sosial kepada pimpinan komisi antirasuah.

"Baik yang sifatnya reguler maupun yang sifatnya khusus, yakni program bansos di saat pandemi ini," ujar Juliari di Gedung KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (9/9).

Berita Terkait : AS-China Kembali Memanas, Rupiah Hari Ini Diramal Kurang Joss

Juliari mengatakan, kementerian yang dia pimpin mendapatkan anggaran yang relatif banyak dibandingkan kementerian dan lembaga lainnya. Karena itu dia menggandeng KPK agar bisa menyalurkan anggaran dengan tepat dan tidak berpotensi menyalahi aturan.

"Kami tentu berharap KPK berikan teguran jika ada hal yang perlu kami perbaiki," beber Mensos yang diterima oleh Ketua KPK Komjen Firli Bahuri, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dan Nurul Ghufron.

Berita Terkait : Kemenkumham Targetkan 70% Satker Bebas Korupsi

Di tempat yang sama, Lili Pintauli Siregar menyatakan siap mendampingi Kemensos dalam menggunakan anggaran Covid-19. Lili mengatakan, melalui aplikasi Jaga Bansos, pihaknya sudah menerima banyak keluhan dari masyarakat terkait bantuan Covid-19.

"Dari Jaga Bansos sampai 4 september 2020 ada 1.074-an terkait bansos ini ternyata yang tertinggi di DKI, Jawa Barat, dan Jawa Tengah," beber dia.

Berita Terkait : KPK Perpanjang Penahanan Eks Bupati Bogor Rachmat Yasin

Eks Waka LPSK ini menyatakan, dari 1.074, keluhan yang paling banyak adalah tidak menerima bantuan meski sudah melakukan pendaftaran. Jumlah keluhan itu mencapai lebih dari 500.

Lili pun memberikan masukan kepada Kemensos agar menggandeng kementerian atau lembaga lain untuk memperbaharui data penerima bansos. "Validasi data adalah yang utama untuk menghindari atau minimalisir keluhan tersebut," tandasnya. [OKT]