Dark/Light Mode

Menkes Pastikan Indonesia Kebagian Vaksin Covid-19

Rabu, 16 September 2020 21:39 WIB
Menkes, Terawan Agus Putranto
Menkes, Terawan Agus Putranto

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto memastikan Indonesia mendapatkan akses untuk vaksin Covid-19. 

Berbagai upaya dilakukan, seperti bekerja sama dengan organisasi dunia di bidang kesehatan, aliansi vaksin, dan kesiapsiagaan epidemi. 

"Pemerintah mendapat akses Vaksin Covid-19 melalui berbagai skema, termasuk potensi untuk memperoleh Covid-19 Vaccine Global Access atau Covax Facility, he Access to Covid-19 Tools Accelerator atau ACT yang dipimpin oleh CEPI Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, Gavi Aliansi Waksin, dan WHO," kata Menkes dalam acara penandatanganan kerja sama bersama Unicef di Kementerian Kesehatan Jakarta, Rabu yang dipantau melalui saluran telekonferensi daring.

Baca juga : Dino Pati Djalal Positif Covid-19

Menurut dia, kerja sama ini memastikan pemerintah dan produsen vaksin untuk mendapatkan akses ketersediaan vaksin Covid-19 di seluruh dunia pada seluruh negara, baik negara penghasilan tinggi maupun negara berpenghasilan rendah.

Terawan mengatakan, peran Unicef untuk Covax Facility sangat penting untuk memastikan setiap negara, termasuk Indonesia memiliki akses yang aman, cepat, dan merata terhadap vaksin Covid-19 apabila vaksin tersebut telah ditetapkan dan diproduksi secara massal.

"Unicef dan mitranya berkomitmen pada negara yang tergabung dalam Covax Facility, termasuk Indonesia untuk mengadakan dan memberikan vaksin Covid -19 yang efektif secara aman dan cepat dalam skala besar," kata Menkes.

Baca juga : All New Audi A6 Mengaspal Di Indonesia, Harganya Mulai Rp 1,49 M

Menkes memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kerja sama tersebut, termasuk dari pihak Kementerian Luar Negeri. 

Penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan dengan Unicef ini merupakan lanjutan kerja sama yang pernah dijalankan sejak 2004.

Terawan menyebut Covid-19 merupakan pandemi global yang memberikan dampak sangat besar terhadap dunia. 

Baca juga : Peran Gerakan Pramuka Pada Masa Pandemi Covid-19

Berdasarkan data per 15 September 2020, kasus positif Covid-19 di dunia sudah mencapai 29 juta orang dengan kasus kematian 926 ribu jiwa. Sementara data kasus positif Covid-19 di Indonesia per tanggal 15 September 2020 mencapai 225 ribu orang dengan jumlah kematian mencapai 8.965 jiwa. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.