Dark/Light Mode

Untuk Bertahan Di Tengah Pandemi

Jokowi Sebut Masker Bisa Jadi Peluang Bisnis UMKM Kalteng

Jumat, 9 Oktober 2020 06:29 WIB
Presiden Jokowi. (Istimewa)
Presiden Jokowi. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kalimantan Tengah (Kalteng), kemarin.

“Saya minta bapak dan ibu bisa bertahan. Jangan menyerah, jangan sampai usahanya tutup,” kata Jokowi saat kunjungan kerja di Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng.

Jokowi meminta masyarakat terus mencari peluang-peluang bisnis baru memproduksi barang yang sedang diminati pasar. Hal ini dilakukan agar bisa bertahan hidup di tengah pandemi.

Baca juga : Ciptakan Suasana Nyaman, Mulailah Jadi Teman Anak

Menurut Jokowi, saat ini banyak peluang untuk memproduksi barang yang tengah banyak diminati pasar. “Salah satunya yang laku ya masker,” tutur Jokowi sambil menunjukkan masker yang digunakan.

Pemerintah memberikan Bantuan Presiden (Banpres) produktif atau BLT kepada beberapa pelaku UMK di Kabupaten Pulang Pisau sebesar Rp 2,4 juta. Jokowi berharap dana itu bisa menjadi modal tambahan, sehingga usaha kecil tidak mati.

“Saya tahu di sini banyak UMK yang jualannya berbedabeda. Ini kami berikan Banpres produktif agar bapak dan ibu bisa bertahan sampai keadaan normal,” jelasnya.

Baca juga : Olahraga Di Rumah Jadi Pilihan Tepat

Sebagai informasi, program bansos produktif merupakan salah satu program pemerintah untuk UMKM di masa pandemi. Selain itu, pemerintah juga memberikan program lain, misalnya relaksasi kredit atau pembiayaan ke UMKM hingga pengurangan pajak.

Secara keseluruhan, pemerintah menyiapkan anggaran untuk penanganan pandemi Virus Corona sebesar Rp 695,2 triliun. Dana itu dialokasikan ke berbagai sektor.

Rinciannya, untuk bansos Rp 203,9 triliun, UMKM sebesar Rp 123,46 triliun, insentif usaha Rp 120,61 triliun, kementerian/ lembaga atau pemerintah daerah Rp 106,11 triliun, kesehatan Rp 87,55 triliun dan pembiayaan korporasi Rp 53,55 triliun.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.