Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tingkatkan Imunitas Tubuh Di Tengah Pandemi Corona

Olahraga Di Rumah Jadi Pilihan Tepat

Senin, 5 Oktober 2020 06:12 WIB
Ilustrasi : Olahraga di rumah. (Istimewa)
Ilustrasi : Olahraga di rumah. (Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Corona tidak boleh membatasi aktivitas olahraga. Tetaplah berolahraga, meski di rumah saja.

Imbauan tetap berolahraga ini disampaikan Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (Ladi), dr Arie Sutopo.

Dia menegaskan, olahraga di tengah pandemi harus tetap dilakukan secara teratur dengan dosis yang tepat. “Misalnya, berolahraga dengan intensitas waktu 30 menit,” ujarnya, dalam siaran virtual zoom, Sabtu (3/10).

Arie menjelaskan, kegiatan berolahraga bisa di dalam (indoor) maupun di luar rumah (outdoor). Di dalam rumah, misalnya, bisa dengan treadmill, angkat beban atau berenang bagi yang punya kolam renang pribadi.

Baca juga : Wagub Ariza Tinjau Hotel Isolasi Bagi Pasien Covid-19

Untuk olahraga di luar rumah, kata Arie, bisa jogging atau lari-lari di lapangan. Namun dia mengingatkan, agar tetap menerapkan perilaku disiplin 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Ketika kita berolahraga, daya tahan tubuh meningkat. Karena jumlah sel darah putih naik. Sehingga, ketika virus corona datang menyerang, sistem imun langsung dilawan oleh sel darah putih,” ungkap dr Arie.

Terkait hal ini, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo mengakui, olahraga merupakan upaya agar badan tetap sehat dan tidak mudah terserang virus, termasuk Corona.

Ditambah dengan rutin mengkonsumsi ikan, yang baik untuk daya tahan tubuh. “Waspada, harus. Panik, jangan. Insya Allah, pemerintah serius, siap dan mampu menghadapi Covid-19 ini,” ujarnya melalui akun twitter @Edhy_Prabowo.

Baca juga : Kak Seto Minta Orang Tua Tak Bersikap Seperti Komandan

Ruhutsitompul juga berkomentar tentang pentingnya olahraga ini. Dia bilang, olahraga kegiatan yang baik untuk mencegah terserang virus Corona. Dia mencontohkan ibu-ibu di desa yang rajin olahraga dan patut dicontoh.

“Mari dukung terusssssss Satgas Covid-19. Laksanakan dengan disiplin protokol kesehatan. Merdeka!” ujarnya.

Mytdrive_id juga percaya, olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh guna mencegah penularan Covid-19. Kata dia, saat di rumah saja, berjemur sekaligus olahraga adalah cara terbaik menangkal Corona.

“Karena sinar matahari membentuk vitamin D yang dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh,” ungkapnya.

Baca juga : Pemkot Banjarmasin Gercep Siapkan 5 Strategi Penanganan Corona

OmMawank setuju dengan ajakan Menteri Edhy Prabowo untuk berolahraga guna mencegah penularan Covid-19. Termasuk juga, kata dia, tetap waspada.

“Setuju Pak @Edhy_Prabowo .. Salam Nelayan. Nelayan Sejahtera Negara Kuat,” katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.