Dark/Light Mode

SDGs Desa Berkontribusi 74 Persen Bagi Pencapaian Nasional

Senin, 2 November 2020 17:11 WIB
Mendes PDTT, Abul Halim Iskandar
Mendes PDTT, Abul Halim Iskandar

 Sebelumnya 
SDGs Desa juga menghargai keberagaman agama, budaya dan adat istiadat bangsa Indonesia, juga menampung kearifan lokal masyarakat dan kelembagaan desa yang produktif agar bertahan, dan berkembang. 

Selain itu, lanjut Mendes, Desa Digital, juga termasuk dalam SDGs Desa yaitu pada point ke 17 terdapat kerja sama desa dengan desa lain, pihak ketiga, dan lembaga internasional, dan komoditas desa yang diekspor meningkat. 

Target berikutnya ialah tersedianya jaringan internet tetap (wifi) dan mobile berkecepatan tinggi, informasi kondisi sosial dan ekonomi desa dapat diakses publik. 

Baca juga : Sandi: Pandemi Momentum Bagi Milenial Ciptakan Inovasi

Berikutnya target tersedianya data statistik desa setiap tahun, aplikasi statistik dan petugas bidang statistik di desa, dan tersedianya data SDGs Desa setiap tahun. 

Selain itu, rasio penerimaan perpajakan terhadap PDB Desa di atas 12% per tahun. Pada saat ini, ada 233 desa yang menjadi contoh desa digital di Indonesia. 

Salah satunya, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Baca juga : Rerie Imbau Pemerintah Cegah Penolakan Vaksin Corona

Kemudian, SDGS desa JUGA mengembangkan platform android pasardesa.id sebagai market place lokal, sehingga tetap menjaga jarak pedagang dan pembeli. Omset pasardesa.id dalam 7 bulan antara 13 April - 28 Oktober 2020 mencapai Rp 1,7 miliar.

Kemudian, penyempurnaan sistem informasi desa yang kini terpadu dengan pencapaian SDGs Desa diuji coba pada November-Desember 2020. 

Mendes mengatakan, kerja sama antarnegara untuk pencapaian desa digital perlu mencakup pemenuhan infrastruktur desa digital, seperti jaringan internet, komputer, Handphone, alat-alat early warning sistem. 

Baca juga : Mendagri Tak Pernah Larang Peringatan Maulid Nabi

"Integrasi informasi SDGs Desa antarnegara dapat disusun untuk mempercepat peningkatan pengetahuan dan akurasi kebijakan pembangunan desa berbasis partisipasi masyarakat," tandasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.