Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenag Perkuat Kerukunan Dan Moderasi Beragama

Senin, 23 November 2020 16:27 WIB
Sekjen Kemenag, Nizar Ali
Sekjen Kemenag, Nizar Ali

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar acara 'Colloquium Kerukunan dan Moderasi Beragama'. 

Acara ini digelar secara virtual pada, Rabu 25 November 2020. Kegiatan ini dalam rangka menguatkan Moderasi Beragama (MB) di Indonesia. 

Diskusi virtual ini akan dihadiri oleh Menteri Agama, Fachrul Razi dan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi sebagai pembicara kunci.

Baca juga : Joe Biden Bisa Perbesar Pendanaan Hijau Di Indonesia

Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali mengatakan colloquium tokoh agama digelar dalam rangka menguatkan moderasi beragama di Indonesia. 

Menurutnya, penguatan MB perlu menjadi gerakan bersama seluruh komponen masyarakat dan pemerintah dalam rangka merawat kerukunan.

"Penguatan moderasi beragama dan kerukunan penting agar umat beragama di Indonesia terus dan selalu mengedepankan kasih sayang, tenggang rasa, dan gotong-royong, sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila," ujarnya di Jakarta, Senin (23/11).

Baca juga : Jadi Pejabat Teladan, Endra Bersaing Raih Anugerah ASN

Menurutnya, moderasi dan kerukunan beragama diperlukan sebagai strategi kebudayaan dalam merawat ke Indonesiaan.

"Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana saling berbagi tentang penguatan praktik kerukunan dan moderasi beragama antar umat di Indonesia," tutur Nizar

"Melalui giat ini, kami mengajak masyarakat luas untuk selalu mengedepankan nilai-nilai toleransi, kasih sayang, saling menghormati, tenggang rasa, dan gotong-royong, serta turut berkontribusi secara signifikan terhadap ketertiban dan perdamaian dunia," sambungnya.

Baca juga : Penghinaan Sang Nabi dan Persatuan Dunia Islam

Colloquium Kerukunan dan Moderasi Beragama ini terbuka bagi umum untuk bergabung melalui aplikasi zoom yang disediakan panitia. Giat ini juga akan disiarkan secara langsung melalui youtube Kemenag RI. 

Seminar daring ini akan menghadirkan para tokoh agama sebagai narasumber. Mereka adalah Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA (Islam), Pdt. Dr. Henriette Hutabarat Lebang, M.Th (Kristen), Prof. Dr. Romo Franz Magnis Suseno, SJ (Katolik), Dr. AAK Diatmika (Hindu), Bhante Tejavaro (Buddha), dan Xs. Budi S. Tanuwibowo (Khonghucu). [DIR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.