Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Menko Luhut Ajak Universitas Tokyo Jadi Mitra Pengembangan Pulau Kura-Kura

Sabtu, 5 Desember 2020 17:32 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu dengan Presiden Universitas Tokyo Prof. Makoto Gonokami, di Tokyo, Sabtu (5/12). (Foto: Ist)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu dengan Presiden Universitas Tokyo Prof. Makoto Gonokami, di Tokyo, Sabtu (5/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Tokyo akan mendukung dan menjadi salah satu mitra pengembangan Pulau Kura-Kura, Bali sebagai pusat riset kelas dunia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan saat bertemu dengan Presiden Universitas Tokyo Prof. Makoto Gonokami, di Tokyo, Sabtu (5/12).

"Sebagai salah satu universitas terbaik di Jepang, kami ingin agar Universitas Tokyo dapat terlibat dalam pengembangan pusat riset kelas dunia di Pulau Kura-Kura, Bali. Pemerintah rencananya akan membangun fasilitas penunjang terpadu di Pulau Kura-Kura Bali guna mendukung pengembangan pusat inovasi dan talent tersebut," ucap Menko Luhut.

Baca juga : Menag Minta Asrama Haji Jadi Tempat Penguat Kerukunan Beragama

Luhut yang dalam pertemuan tersebut didampingi Duta Besar RI Heri Akhmadi, menyebut, selain Universitas Tokyo, sejumlah universitas kelas dunia lainnya seperti Tsinghua Southeast Asia dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) akan bermitra dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam pengembangan Pulau Kura-Kura Bali sebagai pusat riset dan inovasi kelas dunia. Sekaligus inovasi dan inkubasi technopreneur Indonesia dalam mendukung pencapaian target pembangunan berkelanjutan.

Dubes Heri Akhmadi menyatakan, salah satu prioritas kerja sama dengan Jepang, seperti yang ditekankan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah untuk mendukung pengembangan kapasitas sumber daya manusia.

"Dukungan dari Universitas Tokyo, tentunya akan semakin mengasah talent unggul Indonesia dengan nilai dan budaya riset yang dimiliki Jepang," sebutnya.

Baca juga : Bamsoet Ajak Anggota IMI Jadi Duta Empat Pilar MPR

Pusat riset yang akan dibangun di Pulau Kura-Kura Bali tersebut akan didukung dengan berbagai fasilitas seperti kondominium dan sekolah. Mitsubishi Estate dikabarkan telah menyatakan ketertarikannya untuk mengembangkan integrated facilities di pulau tersebut.

Di luar hal ini, mengakhiri lawatannya di Tokyo, Menko Luhut berkesempatan menyampaikan pidato kunci di Forum Asia Pacific Initiative (APIF). Disebutkan Menko Luhut, hubungan Indonesia-Jepang saat ini telah berubah, dari pemberi-penerima donor menjadi mitra strategis di bidang perdagangan dan investasi.

"Indonesia tidak akan pernah melupakan dukungan Jepang terhadap pembangunan Indonesia pada tahun 1960 dan 1970-an. Kini, dengan segala potensi keunggulan ekonomi yang dimiliki Indonesia, kami ingin terus bermitra erat dengan Jepang dalam mengatasi berbagai tantangan yang tengah dihadapi dunia saat ini," ujar Menko Luhut dalam pidato kuncinya.

Baca juga : TALKINC Ajak Generasi Muda Selamatkan Dunia

Menko Luhut dan Menteri BUMN Erick Thohir dijadwalkan akan melanjutkan kunjungan ke Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia guna penjajajakan dukungan terhadap pembentukan Sovereign Wealth Fund Indonesia. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.